Breaking News:

Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga Resmi Beroperasi

BANDARA Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, resmi beroperasi mulai 1 Juni 2021.

Editor: Agus Wahyu
DOK. AP II
PERDANA - Citilink bersiap terbang perdana di Bandara Besar Jenderal Soedirman Purbalingga. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, resmi beroperasi mulai 1 Juni 2021, seiring dengan pengumuman aktivasi bandara tersebut. Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) ini tengah bersiap menyambut operasional penerbangan komersial perdana pada 3 Juni 2021.

Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin mengaku, pihaknya telah mendapatkan Sertifikat Bandara Udara (SBU) Nomor 0163/SBU-DBU/IV/2021 selaku operator Bandara Jenderal Besar Soedirman sesuai dengan ketentuan PM 83 Tahun 2017 tentang Bandar Udara (Aerodrome).

“Sejalan terbitnya izin dari Kementerian Perhubungan, dengan ini saya nyatakan bahwa mulai 1 Juni 2021 Bandara Jenderal Soedirman dalam status In Active Operation,” ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Selasa (1/6/2021).

Fasilitas sisi udara yang telah siap 100 persen adalah runway 1.600x30 meter dan apron 69 x 103 meter untuk melayani pesawat ATR-72 serta fasilitas PKP-PK kategori 5. Fasilitas standar pelayanan bandara juga tersedia di terminal penumpang seluas 20x20 meter.

Pada 1 Juni kemarin juga dilakukan simulasi menyambut pengoperasian perdana penerbangan komersial, termasuk proving flight oleh Citilink. Hasil simulasi operasional bandara yang telah dilakukan beberapa kali, termasuk oleh Citilink dengan kode QG-1856, proses keberangkatan membutuhkan waktu 14 menit dari titik awal layanan bandara.

Sementara proses sejak penumpang mendarat hingga keluar terminal sekitar 30 menit. “Dari simulasi yang dilakukan, layanan di Bandara Jenderal Besar Soedirman telah memenuhi ketentuan sesuai PM 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa,” ujar Muhammad Awaluddin.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, keberadaan Bandara Jenderal Besar Soedirman adalah cita-cita masyarakat Purbalingga sejak lama. Ia menuturkan bahwa bandara ini tidak hanya untuk masyarakat Purbalingga, tetapi juga warga di wilayah sekitar.

“Bandara ini dibuat tidak hanya untuk masyarakat Kabupaten Purbalingga, tapi juga bagi masyarakat kabupaten di Jawa Tengah bagian Selatan,” tandasnya.

Direktur Utama Citilink, Juliandra mengaku bersyukur bahwa maskapai anak usaha Garuda Indonesia ini menjadi yang pertama menerbangi bandara tersebut. Citilink akan mengoperasikan rute Surabaya-Purbalingga dan Jakarta (HLP)-Purbalingga dua kali seminggu pada Kamis dan Sabtu menggunakan ATR 72-600. (kpc/tribunjogja)

Baca Tribun Jogja edisi Rabu (02 Juni 2021) halaman 03.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved