Breaking News:

Fakultas Vokasi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta Gelar Webinar Tren Energi Masa Depan

Kegiatan Webinar ini menghadirkan tiga nara sumber alumni ITNY yakni Dr Kunaifi ST PgDipEnSt MSc (Dosen dan Dewan Pengurus Energy Research Centre UIN

Istimewa
Info Pendaftaran ITNY 2021 

TRIBUNJOGJA.COM - Kebutuhan energi di dunia diprediksi akan terus meningkat seiring penambahan populasi,
perubahan gaya hidup serta pertumbuhan ekonomi.

Namun kesenjangan antara peningkatan kebutuhan dan ketersediaan sumber energi masih menjadi persoalan.

Apalagi Indonesia saat ini masih sangat bergantung pada sumber energi konvensional berbasis fosil seperti batu bara dan minyak bumi yang jumlahnya terbatas dan tidak ramah lingkungan.

Baca juga: Peta Sebaran Kasus Baru COVID-19 Hingga Senin 31 Mei 2021 Pagi ini, Rincian Kasus di 34 Provinsi

Pentingnya masyarakat yang memiliki kesiapsiagaan terhadap kebutuhan energi tersebut menjadi inti diskusi dalam Webinar yang bertajuk “Tren Energi Masa Depan”.

Seminar ini digelar oleh Fakultas Vokasi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (FV ITNY) secara virtual pada Sabtu (29/5/2021).

Kegiatan Webinar ini menghadirkan tiga nara sumber alumni ITNY yakni Dr Kunaifi ST PgDipEnSt MSc (Dosen dan Dewan Pengurus Energy Research Centre UIN Suska Riau), Subardi ST MT PhD (Dosen FV ITNY), serta Tugino ST MT (Dekan FV ITNY).

Dalam sambutannya, Rektor ITNY Dr Ir H Ircham MT menyampaikan bahwa prediksi dari beberapa sumber menyatakan tren energi di masa depan tertumpu pada energi terbarukan.

Kurniafi menyampaikan Materi tentang Preparing a large-scale PV Power Plant Feasibility Study, sedangkan Subardi tentang SOFC dan Tantangannya sebagai Energi Masa Depan, dan Tugino menyampaikan Off Grid and On Grid Wind Energy Power Plant.

Tugino mengatakan bahwa sebagai Perguruan tinggi Teknik, ITNY akan sering menghadirkan pakar yang terkait dengan topik yang trend saat ini untuk sharing pengalaman dan masalah yang di hadapi.

Fakultas Vokasi ITNY konsisten dalam upaya mengembangkan ilmu dan teknologi yang aplikatif yang mendukung sistem pembelajaran di kampus.

“dengan menghadirkan pakar di bidangnya, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga tentang trend perkembangan energi di masa depan," ujar Tugino.

Kegiatan ini diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa Vokasi D3 Teknik Elektro, D3 Teknik Mesin dan mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri serta dosen-dosen ITNY.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-45, PSS Sleman Resmi Luncurkan Jersey Tim Terbaru

Turut bergabung juga peserta dari beberapa perguruan tinggi lain baik di Jawa maupun di luar jawa serta beberapa perusahaan baik negeri maupun dari pihak swasta.

Para mahasiswa mengaku senang dengan adanya webinar ini karena di sampaikan oleh narasumber langsung dari pakar dibidangnya sehingga mudah dipahami.

“Webinar dengan menghadirkan para pakar pada bidangnya ini akan secara rutin diselenggarakan di Fakultas Vokasi ITNY," pungkas Tugino. (*)

Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved