Breaking News:

Disdikbud Kota Magelang Nilai Pelaksanaan PPDB 2021 Berjalan Lancar

Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang menilai  pelasanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online berjalan dengan lanca

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang menilai  pelasanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online berjalan dengan lancar.

Sebanyak 76 sekolah negeri dari tingkat TK , SD, dan SMP mengikuti PPDB yang sudah berlangsung sejak 03 Mei hingga 06 Mei 2021 lalu.

Baca juga: Banyak Warisan Sejarah, Gunungkidul Dinilai Layak Miliki Museum Sendiri

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Agus Sujito menuturkan, dari 76 sekolah terdiri dari 2 TK negeri, 61 SD negeri, dan 13 SMP negeri telah rampung melaksanakan PPDB secara online.

"Kalau hambatan tidak ada ya sejauh ini, berjalan lancar. Belum ada keluhan yang fatal dari para peserta didik maupun sekolah terkait pendaftaran online ini," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Senin (31/05/2021).

Sementara itu, penerimaan peserta didik pada PPDB 2021 akan melalui empat jalur yakni jalur zonasi, afirmasi, mutasi, dan prestasi.

Jalur zonasi adalah jalur untuk calon peserta didik memilih sekolah di Kota Magelang dengan berdasarkan pada zona sekolah yang sesuai dengan kedekatan domisili calon peserta didik.

Sedangkan, jalur afirmasi adalah jalur yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas/tuna daksa dan slow-learners (dibuktikan dengan surat keterangan dari psikiater).

Lalu, jalur mutasi adalah jalur yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang orang tua/walinya mengalami perpindahan tugas dan perpindahan tempat tinggal dari luar Kota Magelang ke Kota Magelang yang dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan. 

Terakhir, jalur prestasi adalah jalur yang diperuntukkan calon peserta didik yang nilai akhirnya diambilkan dari gabungan nilai prestasi kejuaraan bidang akademik/non akademik dan nilai rata rata raport 5 (lima) semester terakhir.

Baca juga: Lansia Asal Gedangsari Gunungkidul Tewas Tertimpa Tembok Rumah Sendiri

"Adanya penerimaan siswa baru berdasarkan empat jalur ini tidak mempengaruhi tingkat animo peserta didik. Pendaftaran PPDB online masih tinggi," ucapnya.

Sementara itu, saat ini pihak tengah mempersiapkan PPDB online 2021 untuk tingkat SMK/SMA yang direncakan dibuka pada Juni 2021 mendatang.

Pendataan terhadap sekolah yang akan melaksanakan pendaftaran online masih dilakukan.

"Saat ini, kami sedang fokus untuk PPDB online tingkat SMK/SMA yang direncanakan dibuka pada Juni nanti. Untuk juknis sendiri akan sama akan dibuat empat jalur untuk penerimaannya," pungkasnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved