Breaking News:

Dua Tokoh Perempuan Bakal Hadir Di Syawalan Pancasila

GKR Mangkubumi adalah salah satu tokoh perempuan yang berkiprah di banyak bidang.

Editor: ribut raharjo
TRIBUNJOGJA.COM | Hamim Thohari
GKR Mangkubumi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dua tokoh perempuan yang punya kiprah luas di masyarakat yakni Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi dan Alissa Wahid bakal hadir di acara Syawalan Pancasila hari Selasa 1 Juni 2021 pukul 14.30 WIB di Loko Coffee Shop Malioboro.

Acara digelar dalam rangka halal bi halal 1 Syawal 1442 H sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945. Acara diselenggarakan oleh Jaringan Sejarawan Merah Putih (Jas Merah). 

GKR Mangkubumi adalah salah satu tokoh perempuan yang berkiprah di banyak bidang. Antara lain Ketua Kamar Dagang dan Industri KADIN DIY, Ketua Kwarda Pramuka DIY, Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia DIYdan sederet aktivitas sosial lainnya.

Sebagai putri tertua Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR. Mangkubumi menjabat Lurah Sentana Putri yang memimpin abdi dalem keparak dan Sentana Dalem Putri. Selain itu juga sebagai Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Parwabudaya Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sementara itu Alissa Qotrunnada Munawaroh atau akrab disapa Alissa Wahid adalah putri pertama dari pasangan Mantan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid dan Sinta Nuriyah. 

Sepeninggal Ayahnya, Alissa menyibukkan dirinya di bidang sosial dan pendidikan. Alissa adalah ketua Jaringan Gus Durian yan merupakan sebutan untuk para murid, pengagum, penerus pemikiran dan perjuangan Gus Dur. 

Selain aktif di bidang pendidikan, lulusan jurusan psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini juga memiliki kepedulian besar terhadap isu-isu intoleransi dan dialog lintas agama. 

Selain GKR Mangkubumi dan Alissa Wahid turut hadir seniman senior Yogyakarta Marwoto Kawer. Marwoto selama ini banyak berkecimpung di dunia seni pertunjukan khususnya ketoprak dan dagelan Mataram. 

Syawalan Pancasila diadakan dengan tiga harapan. Pertama untuk mempererat tali silaturahmi antar komponen bangsa.

Kedua meneguhkan komitmen terhadap konsensus Nasional Pancasila.

Ketiga turut mendukung gairah kebangkitan pelaku industri pariwisata atasi dampak pandemi Covid-19. (rls)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved