Breaking News:

Yogyakarta

Danais Mulai Masuk Desa, Harus Mampu Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Komisi A DPRD DIY mendorong agar pemanfaatan Dana Keistimewaan (Danais) dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. 

Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Yuwantoro Winduajie
Danais Mulai Masuk Desa, Harus Mampu Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi A DPRD DIY mendorong agar pemanfaatan Dana Keistimewaan (Danais) dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. 

Terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY.

Seperti diketahui, di tahun anggaran 2021 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mulai menyalurkan Danais terhadap puluhan kalurahan dan kelurahan yang ada di DIY melalui skema Bantuan Keuangan Khusus (BKK). 

Melalui program tersebut, diharapkan dapat membantu kalurahan dan kelurahan untuk mengangkat potensi lokalnya yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY, Suwardi, penyerapan Danais harus disertai strategi dan perencanaan program yang baik.

Baca juga: Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X Minta Perangkat Desa Bertransformasi untuk Kelola Danais

Terlebih saat ini kondisinya agak berbeda. Danais mulai disalurkan dan dikelola oleh perangkat kalurahan dan kelurahan yang tersebar di DIY.

Kang Wardi, begitu politikus ini akrab disapa juga meminta agar bupati/walikota hingga perangkat desa untuk membuat perencanaan yang matang terkait pengelolaan Danais di wilayahnya masing-masing.

"Sehingga masyarakat bisa menjadi subjek dan objek dalam pembangunan. Mereka tidak hanya menunggu dan manut tapi juga berinovasi dalam rangka memajukan wilayahnya," jelas Kang Wardi dalam acara Warta Parlemen yang disiarkan melalui akun YouTube Tribun Jogja, Jumat (28/5/2021).

Menurut Kang Wardi, saat ini kalurahan dan kelurahan di DIY terpaksa mengeluarkan anggaran lebih untuk menangani dampak pandemi COVID-19.

Misalnya membuat shleter isolasi bagi pasien COVID-19, menyediakan bantuan sosial, hingga jaminan hidup.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved