Breaking News:

Yogyakarta

Pameran Seni Rupa 'Biasa Wae' Berbagi Energi dalam Kebebasan, Keberanian dan Kebiasaan Baru

Pameran ini memamerkan karya tiga perupa, Adhik Kristiantoro, Harlen Kurniawan, dan Wahyu Prasetio 'Bagio'.

TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Pameran Seni Rupa 'Biasa Wae' di Galeri Lorong, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul pada tanggal 22-29 Mei 2021. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pandemi virus Corona tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental setiap individu.

Tidak hanya rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius.

Tak lagi berbicara soal pandemi, karya-karya yang dipamerkan dalam pameran bertajuk 'Biasa Wae' yang digelar di Galeri Lorong, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul pada tanggal 22-29 Mei 2021 ingin berbagi energi yakni berkarya dalam kebebasan, berkarya dengan keberanian tanpa ketakutan, serta beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Pameran yang diinisiasi Galeri Lorong dan Barbaradoz Art Familia ini memamerkan karya tiga perupa, Adhik Kristiantoro, Harlen Kurniawan, dan Wahyu Prasetio 'Bagio'.

Selain memajang karya masing-masing, para seniman juga memamerkan sejumlah karya kolaborasi.

Baca juga: Pameran Tunggal Anomaly in Matrimony, Ketegangan Dibalik Parade Sakral

"Dalam kondisi pandemi saat ini, kalau kita memikirkan untuk takut dan tidak bisa berbuat apa-apa dengan alasan segala macam, akhirnya menjadi teror bagi diri sendiri. Tema 'Biasa Wae' saya pribadi maknai sebagai spirit untuk memberi kekuatan pada diri sendiri dan orang lain juga," ujar seniman dalam pameran ini, Adhik Kristiantoro.

Diakuinya, karya-karya yang dipajang di Galeri Lorong ini tidak ada kaitannya atau berbicara spesifik terkait pandemi.

Akan tetapi, lanjut dia, dalam ranah seni rupa, kemerdekaan seorang seniman itu harus muncul dengan gayanya masing-masing.

"Bisa jadi  orang lain menilai dengan situasi pandemi saat ini, semua butuh sebuah harapan untuk bersenang-senang, mungkin ada yang menilai seperti itu," ujarnya.

Hal senada disampaikan Wahyu Prasetio 'Bagio', yang menilai 'Biasa Wae' dalam tema pameran ini ia maknai sebagai spirit untuk melawan ketakutan yang berlebihan di masa pandemi yang hingga kini urung diketahui ujungnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved