Breaking News:

Jawa

Sebanyak 60 Instasi di Pemkot Magelang Integrasikan Pendataan dalam Program Satu Data Indonesia

Pemkot Magelang mendukung program Satu Data Indonesia sebagai komitmen untuk integrasi pendataan serta pengamanan informasi,

istimewa
Sebanyak 60 Instasi di Pemkot Magelang Integrasikan Pendataan dalam Program Satu Data Indonesia 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang (Pemkot) Magelang mendukung program Satu Data Indonesia sebagai komitmen untuk integrasi pendataan serta pengamanan informasi di lingkungan Pemkot Magelang.

Satu Data Indonesia merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang telah diturunkan dalam Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 15 Tahun 2018 tentang Satu Data Informasi Pemerintahan Daerah.

Sebanyak 60 produsen data dari berbagai instansi vertikal, BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi, rumah sakit dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Magelang ikut serta dalam langkah tersebut.

Baca juga: Dua ASN Tidak Masuk Seusai Libur Lebaran, Pemkot  Magelang Akan Lakukan Pembinaan

Bentuk komitmen itupun diwujudkan dalam penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh perwakilan produsen data, disaksikan oleh Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz , Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur, dan Sekretaris Daerah Joko Budiyono, selaku tim pengarah penyelenggaraan Satu Data Informasi Kota Magelang.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang, Suryantoro memaparkan, Satu Data Informasi Pemerintahan Daerah adalah serangkaian kebijakan yang bertujuan untuk mewujudkan data yang beragam, akurat, mutakhir, terpadu, bermanfaat, akuntabel, dan berkesinambungan.

"Data tersebut terintegrasi dalam satu sistem informasi terpadu yang mudah diakses oleh pengguna data sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pengendalian penyelenggaraan pemerintahan," jelasnya beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, hal tersebut membutuhkan komitmen dan kerjasama yang baik antara Pembina Data, Koordinator Data, Walidata dan segenap Produsen Data. 

Baca juga: Hari Pertama Masuk Kerja Usai Lebaran, ASN Pemkot Magelang Gelar Apel Pagi

Untuk itulah, lanjut Suryantoro, acara ini diselenggarakan untuk kembali memperkuat komitmen penyelenggaraan Satu Data Indonesia di tingkat Daerah.

Dengan adanya kesepakatan ini diharapkan dapat mencerminkan pelaksanaan Satu Data Informasi Pemerintahan Daerah, melalui portal data Kota Magelang yaitu DataGO dan Open Data Kota Magelang.

Halaman
12
Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved