Breaking News:

Idham Samawi Kenang Gempa Bumi Bantul 2006, Rumah Sakit Penuh Selang 1 Jam Gempa

Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar Refleksi 15 Tahun Gempa Bantul. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul periode 1999 sampai 2010, Idham

Penulis: Christi Mahatma Wardhani | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Christi Mahatma Wardhani
Bupati Bantul periode 1999 hingga 2010, Idham Samawi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar Refleksi 15 Tahun Gempa Bantul. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul periode 1999 sampai 2010, Idham Samawi

Pada acara yang bertajuk Merawat Ingatan Masyarakat Dalam Mewujudkan Bantul Tangguh Bencana tersebut, Idham menceritakan pengalamannya saat gempa bumi pada 27 Mei 2006 silam.

Saat terjadi gempa bumi, ia sedang memberi makan ayam di rumah dinas Bupati Bantul sisi belakang. Ia mendengar suara daun saling bergesekan. Tak lama setelah itu barulah ia merasakan guncangan. 

"Bukan semakin pelan tetapi malah semakin kencang. Saya mau masuk, karena ada cucu. Tetapi mau jalan saja sempoyongan. Kolam ikan di rumah dinas saja airnya sampai keluar setengah, ikannya juga. Untungnya cucu saya digendong istri," katanya, Kamis (27/05/2021).

Baca juga: Soal Keputusan PSSI Gunakan Format Promosi dan Degradasi, PSIM: Kompetisi Memang Harusnya Begitu

Sesaat setelah gempa bumi, ia melihat lukisan-lukisan di dinding hancur berserakan. Tak hanya itu, dinding rumah dinas pun retak. 

Setelah itu, ia melihat banyak warganya yang mulai berlarian. Warganya membawa sanak keluarga yang terluka akibat gempa dengan kekuatan 5,9 skala richter.

"Sudah ada yang bawa korban, setelah itu langsung ganti celana langsung berangkat ke RSUD Panembahan Senopati. Saya ke sana sama Pak Joko Purnomo, yang saat itu menjabat sebagai Ketua DPRD Bantul," sambungnya.

Idham melihat ada banyak korban gempa yang sudah sampai di RSUD Panembahan Senopati.

Bahkan rumah sakit daerah tersebut sudah penuh, padahal hanya berselang satu jam dari waktu gempa bumi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved