Breaking News:

Go Digital

Hadapi Perubahan Zaman, Koperasi Didorong Go Digital

Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disperinkop UKM) Kota Yogyakarta menggelar diklat sertifikasi dan uji kompetensi perkoperasian.

Editor: Agus Wahyu
IST
Produk-produk Abhati Studio yang ditampilkan di Pasar Wiguna yang berlokasi di halaman Pendopo Royal Ambarrukmo, Minggu (23/5/2021). 

YOGYA, TRIBUN - Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disperinkop UKM) Kota Yogyakarta menggelar diklat sertifikasi dan uji kompetensi perkoperasian, guna meningkatkan kompetensi koperasi setempat. Bersama lembaga Sertifikasi Koperasi Jasa Keuangan, acara digelar pada 24-29 Mei 2021 di Hotel Royal Darmo Yogyakarta.

Uji kompetensi diikuti oleh 25 koperasi yang berada di bawah koordinasi Disperinkop UKM Kota Yogya. Dalam sambutannya saat membuka pelatihan, Kepala Disperinkop UKM Kota Yogyakarta, Drs Tri Karyadi Riyanto Raharjo, SH, MSi menyampaikan, dengan tuntutan zaman dan kondisi pandemi seperti saat ini, pengelolaan koperasi dituntut lebih modern.

Parameternya menyangkut beberapa hal, seperti transformasi pengelolaan keuangan secara digital, dan juga menguasai rantai pasok (supply chain) nasabah koperasi. “Selain itu, koperasi modern juga bersinergi dengan lembaga lainnya, seperti perbankan,” jelasnya.

Salah satu aspek yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan para pengurus dan pegawai koperasi, misalnya untuk menangani analisis hingga pengelolaan dana dalam urusan pemberian pinjaman. ”Diharapkan setelah mengikuti pelatihan dan uji kompetensi, kemampuan pengurus koperasi meningkat dan kinerja koperasi tambah baik,” tambahnya.

Sementara itu perwakilan Bank BPD DIY Syariah yang hadir dalam pelatihan tersebut, Andrianto Agus Susilo, mendorong koperasi dan UKM bertransformasi secara digital dalam pengelolaan keuangan. Bank BPD DIY dalam hal ini telah meluncurkan produk untuk mempermudah masyarakat dan nasabah bertransaksi digital menggunakan mobile banking Bank BPD DIY.

“Koperasi dapat memanfaatkan layanan QUAT (QRIS Ultimate Automated Transaction) yang memudahkan penerimaan pembayaran dari nasabah/pembeli. QUAT Bank BPD DIY bisa diakses secara luas, baik dari Mbanking maupun aplikasi dompet digital lainnya,” katanya.

Keunggulan transaksi menggunakan QUAT lainnya adalah penerimaan pembayaran dilakukan secara realtime masuk ke rekening koperasi pada saat yang sama. Mudah, aman dan praktis.

Untuk mempermudah transaksi keuangan bagi koperasi, Bank BPD DIY Syariah juga menyediakan layanan CMS (Cash Management System), sehingga transaksi dapat dilakukan oleh koperasi secara langsung. Selain itu, dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional khususnya di DI Yogyakarta, terbuka peluang bagi koperasi untuk mengakses permodalan. (rls/ord)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved