Breaking News:

Bisnis

Sistem COD Sedang Tren di Yogyakarta

Sistem transaksi cash on delivery (COD) atau bayar di tempat saat ini kian diminati masyarakat di Yogyakarta.

Penulis: Santo Ari
Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA/ Santo Ari
Arif Yudha Wahyudi, Kepala Kantor Pos Yogyakarta menunjukkan aplikasi Pospay. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Skema transaksi cash on delivery (COD) atau bayar di tempat saat ini cukup diminati masyarakat Yogyakarta. Jumlah penggunanya cenderung terus bertambah. Hal itu setidaknya terlihat dari transaksi yang dilayani PT Pos Indonesia melalui fasilitas Pospay.

"Untuk jasa pengiriman saat sedang booming COD. Sudah hampir 1.200 seller di Yogya yang bisa memanfaatkan sistem COD ini," jelas Arif Yudha Wahyudi, Kepala Kantor Kantor Pos Yogyakarta saat ditemui Senin (24/5/2021).

Pospay sendiri merupakan aplikasi digital channel untuk mengakses Giropos dan layanan transaksi keuangan lainnya secara mandiri. Arif menjelaskan, ada dua jenis COD dalam sistemnya, yakni COD ritel untuk pedagang online yang melakukan penjualan melalui media sosial dengan sistem pembayaran di tempat.

Ada pula COD corporate yang biasa digunakan oleh perusahan besar dalam menjual barangnya ke seluruh Indonesia. "Terima barang dulu baru bayar, ini lagi tren, dan akan lebih mudah dengan Pospay. Misalnya seller yang sudah punya Pospay mengirimkan barang ke pembeli. Begitu barang diterima dan dibayar, uang itu langsung masuk ke Pospay," tandasnya.

Secara jumlah pengguna, masyarakat yang mengakses layanan Pospay juga terus meningkat. Secara keseluruhan, kata Arif, di Indonesia ada 300 ribu pengguna, sedangkan di Yogya dipakai oleh lebih dari 2.000 pengguna. (nto)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved