Breaking News:

Bisnis

Kadin DI Yogyakarta Fokus Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY tengah berusaha menjangkau UMKM di DIY pada masa pandemi.

TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Ketua Umum Kadin DIY GKR Mangkubumi menyerahkan cinderamata kepada Wakil Ketua Umum KADIN bidang Pengembangan Pengusaha Nasional M. Rasjad Rasjid P.M seusai acara sosialisasi visi dan misi calon ketua umum Kadin Indonesia, Minggu (23/5/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY tengah berusaha menjangkau UMKM di DIY pada masa pandemi.

Ketua Umum Kadin DIY GKR Mangkubumi mengatakan, pihaknya perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan hal tersebut.

"Kalau Kadin sendiri untuk menjangkau UMKM itu sulit. Karena data ada di komunitas, asosiasi, dan dinas koperasi. Jadi Kadin adalah mitra pemerintah. Kadin mensupport, baik komunitas ataupun di dinas koperasi," ujar GKR Mangkubumi, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: Kadin DIY Dukung Provinsi DI Yogyakarta Jadi Pusat Perdagangan

Lanjutnya, di masa pandemi ini pihaknya memang memfokuskan bagaimana membangkitkan UKM serta bagaimana mematangkan SDM melalui vokasi.

"Karena pengangguran juga sudah cukup tinggi di Yogya.

Dan juga dari permasalahan sekarang di DIY soal lingkungan, dan sebagainya," ujarnya.

Untuk itu, Kadin DIY pun menambahkan wakil ketua bidang lingkungan. "Itu memang menjadi partner pemerintah untuk mengawasi investasi apapun agar tidak merusak lingkungan. Karena pembangunan di DIY sedang masif juga," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Pengembangan Pengusaha Nasional M. Rasjad Rasjid P.M menambahkan, UMKM perlu diangkat sebab UMKM menjadi pondasi ekonomi negara.

Baca juga: Kadin DIY Wujudkan Jogja Financial Forum, Bantu UMKM Dapatkan Akses Pembiayaan Lebih Optimal

"Yang utama adalah bagaimana menciptakan pengusaha daerah khususnya UMKM. Karena itu yang menjadi pondasi ekonomi negara. Bila suatu negara UMKM-nya kuat, ekonomi kuat," ujarnya di sela kunjungannya ke Yogyakarta, Minggu (23/5/2021).

Ia memandang, dengan banyaknya UMKM yang muncul dapat menumbuhkan ekonomi negara.

Selain itu, ia juga menekankan bahwa UMKM juga harus didorong tumbuh.

"Lalu teman-teman UMKM yang dari mikro didorong menjadi kecil, kecil menjadi menengah, dan menengah menjadi besar. Ini program yang harus kita lakukan. Maka perlu kolaborasi Kadin dengan pemerintah. Itu merupakan wujud dari Kadin yang inklusif dan kolaboratif," katanya.( Tribunjogja.com )

Penulis: Amalia Nurul F
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved