Breaking News:

Bisnis

Tingginya Permintaan dan Masa Panen Sebabkan Fluktuasi Harga Komoditas Bahan Pokok di DI Yogyakarta

Ada komoditas yang mengalami penurunan cukup drastis, namun ada pula komoditas yang masih mahal di sejumlah pasar tradisional di DIY.

TRIBUNJOGJA/MIFTAHUL HUDA
Ilustrasi pedagang bahan pokok di Pasar Beringharjo menanti pembeli. Foto diambil Selasa (20/4/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pasca Lebaran harga beberapa komoditas bahan pokok mengalami fluktuasi.

Ada komoditas yang mengalami penurunan cukup drastis, namun ada pula komoditas yang masih mahal di sejumlah pasar tradisional di DIY.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto menjelaskan, fluktuasi harga yang dialami beberapa komoditas bahan pangan tersebut dipicu masih tingginya permintaan dan  masih berlangsung masa panen.

Ia mengatakan, komoditas bahan pangan yang saat ini mengalami penurunan drastis dibandingkan awal Mei kemarin, dialami komoditi cabai, baik cabai merah maupun cabai rawit.

Baca juga: Harga Pakan Tinggi, Peternak Ayam di Kulon Progo Pilih Jual Ayam Petelurnya

Harga cabai merah keriting turun dari Rp 44.000 menjadi Rp 21.667/Kg, cabai merah besar dari Rp 48.667 menjadi Rp 38.333/Kg.

Sementara untuk cabai rawit merah dari Rp 62.00 turun menjadi Rp 38.000/Kg.

Sedangkan harga cabai rawit hijau dari harga Rp 50.333 di awal Mei kemarin kini berada di harga Rp 32.000/Kg.

"Tekanan harga yang dialami komoditas cabai tersebut seiring masih berlangsung masa panen serta menurunnya permintaan pasar," ujarnya Rabu (19/5/2021).

Penurunan harga juga dialami komoditi bawang merah dari Rp 29.333 menjadi Rp 25.667/Kg yang masih di bawah HET sebesar Rp 32.000/Kg dan bawang putih kating dari Rp 26.000 menjadi Rp 25.333/Kg.

"Harga bawang merah dan bawang putih mengalami penurunan di bawah harga acuan. Distribusi bawang putih sendiri masih lancar dan impor dari China juga berjalan normal. Sedangkan bawang merah kondisi saat ini masih berlangsung panen sehingga persedian stok sangat mencukupi," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved