Breaking News:

Kisah Sukses PJ Craft Packaging Penting Dalam Usaha Kerajinan

Foto yang menarik itu penting untuk penjualan online. Paling banter untuk penjualan Jakarta, Surabaya, kemudian Kalimantan, Sulawesi, dan Papua

ist
KISAH SUKSES PJ CRAFT Packaging Penting dalam Usaha Kerajinan 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagi para pelaku industri usaha kerajinan, kreativitas dalam menghasilkan produk yang baik dan bermanfaat saja tidak cukup.

Metode penjualan serta kualitas produk dan kecepatan pengiriman barang juga menjadi salah satu kunci suksesnya. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan oleh owner PJ Craft, Parijanto.

Dia yang melakoni usaha produksi berbagai kerajinan kotak penyimpanan mengakui, penjualan secara daring dan pengiriman barang yang baik menjadi salah satu kunci kesuksesan usahanya selama ini.

Parjianto mengaku memulai usahanya sejak 2012. Ketika itu, dia melihat ada peluang bisnis untuk membuat tempat penyimpanan barang dengan bahan kulit imitasi yang menyasar pasar dalam negeri. 

Untuk memperluas pasar penjualannya, Ia juga mulai menjual secara daring pada 2014.

“Foto yang menarik itu penting untuk penjualan online. Paling banter untuk penjualan Jakarta, Surabaya, kemudian Kalimantan, Sulawesi, dan Papua juga minat belinya tinggi,” ucap Parjianto dalam acara Cerita Joni, yang ditayangkan via kanal Youtube JNE.

Dalam menghadapi berbagai macam karakter customer, dia mengaku perlu kesabaran.

Mulai dari customer yang tidak banyak permintaan aneh-aneh hingga customer yang rewel, sudah pernah Ia hadapi.

“Hal terpenting adalah kesabaran, bagaimanapun penilaian review dari customer sangat penting,” ucap dia.

Hal penting lainnya, kata dia, adalah soal pengiriman barang. Packaging menjadi hal penting guna memastikan produk sampai pada pembeli dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.

“Untuk itu, sejauh ini, jasa pengiriman yang saya percayai adalah JNE.  Memastikan barang sampai tujuan dengan kondisi yang baik itu penting. Terlebih ini beberapa kotak produknya berbahan kaca, jadi harus hati-hati. Sejauh ini produk aman sampai pembeli utuh. Menggunakan dus yang tebal, kemudian pelindung kaca menggunakan styrofoam yang tebal,” ujarnya.

Selain itu, dia yang juga merupakan member JNE Loyalty Card (JLC) mengaku mendapat berbagai keuntungan.

“JLC ada poin setiap transaksi, istilahnya menyelam sambil minum air. Kirim produk dapat poinnya, yang dapat ditukarkan hadiah menarik. Saya pernah menukarkan ponsel, voucer belanja juga pernah. Di JLC Lucky Draw dapat hadiah utama yang cukup mengejutkan yaitu berangkat Umrah ke Tanah Suci Mekah,” ujarnya.

Dia meyakinkan dan mendorong para UMKM yang lain, baik yang baru memulai atau sudah berjalan, tetap semangat meski masih pandemi.

“Tidak perlu ragu, yang namanya jualan ada penjual pasti ada pembeli,” pungkas Parjianto. (adv/rls)

Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved