Breaking News:

KBM di Yogya Dimulai 20 Mei, Ini Persiapan yang Dilakukan Dinas Pendidikan

Menjelang KBM 20 Mei mendatang, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta akan melakukan screening terhadap guru dan murid.

Penulis: Tribun Jogja
Editor: Mona Kriesdinar
SC line
Ilustrasi pembelajaran secara daring 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kota Yogyakarta akan dimulai pada 20 Mei 2021 mendatang. Meski demikian, belum bisa dipastikan apakah KBM tersebut akan dilaksanakan lewat metode pembelajaran tatap muka (PTM) atau tidak.

"Besok kami evaluasi lagi. Pasca lebaran ini bagaimana. Evaluasi misalnya apakah akan simulasi (PTM) lagi. Yang penting dipastikan bahwa anak dan guru dalam kondisi sehat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori, Senin (17/5/2021).

Budi menambahkan, pada 24 Mei mendatang akan dilakukan asesmen standar pendidikan daerah (ASPD) untuk seluruh murid kelas 6 SD se-DIY.

Baca juga: UKDW Peduli Pembagian 1.000 Nasi Bungkus

ASPD rencananya akan dilakukan secara tatap muka di sekolah masing-masing.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sebelumnya telah melaksanakan simulasi PTM terbatas di 5 SD dan 5 SMP pada 28 April-7 Mei 2021.

Menurut Budi, ditinjau dari protokol kesehatan yang diterapkan, pelaksanaan simulasi PTM terbatas telah berjalan baik.

Persiapan Jelang KBM

Baca juga: Sembilan SMA/SMK di DIY Ajukan Diri untuk Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Berikut Daftarnya

Adapun menjelang KBM 20 Mei mendatang, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta akan melakukan screening terhadap guru dan murid.

Kebijakan tersebut diambil sebagai langkah antisipasi pencegahan covid-19 karena para siswa saat ini memasuki libur Idulfitri mulai 10-19 Mei mendatang.

Menurut Budi, hal itu dilakukan dengan tujuan memastikan seluruh murid dan guru memulai KBM kembali dalam kondisi sehat.

"Kemarin anak libur 10 hari, guru 5 hari. Akan kami screening lagi, tetapi tergantung kejujuran juga, misalnya pergi ke mana selama liburan ini. Disebarkan lewat wali murid," jelasnya.

Baca juga: Pasca-libur Lebaran, Dinkes DIY Skrining Sekolah yang Terapkan Pembelajaran Tatap Muka

Update Jumlah Kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Covid-19, total jumlah pasien yang dirawat hingga Senin (17/5/2021) kemarin sebanyak 4.070 orang, 148 orang meninggal dan 2.962 orang lainnya dinyatakan sembuh. (TRIBUNJOGJA.COM/UTI)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved