Breaking News:

Bisnis

Dekranasda DIY dan BDI Yogakarta Gelar Diklat Pembuatan Batik Tulis untuk Millennial

Diklat ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Aku Bangga Buatan Indonesia, serta melihat Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia.

TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Para peserta yang merupakan generasi milenial mengikuti diklat 3 in 1 pembuatan batik tulis di BDI Yogyakarta, Selasa (18/5/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY bersama Badan Diklat Industri Yogyakarta menggelar diklat 3 in 1 pembuatan batik tulis.

Diklat ini digelar pada 17-22 Mei di BDI Yogyakarta.

Wakil Ketua III (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Dekranasda DIY Tazbir Abdullah mengatakan, diklat ini dikhususkan bagi generasi muda atau generasi millennial.

Menjadi hal penting bagi Dekranasda DIY untuk mempertahankan sustainability membatik melalui generasi muda.

Terlebih, kata Tazbir, Dekranasda DIY melihat suatu potensi untuk bekerja sama dengan Balai Diklat Industri Yogyakarta setelah Yogyakarta mendapat predikat Kota Batik Dunia.

Baca juga: Dekranasda Kabupaten Pringsewu Lampung Jajaki Kerjasama dengan BBKB Yogyakarta

"Ini spesifik khusus millennial. Jadi semua peserta kita batasi khusus millennial. Jadi ini tujuan utamanya mempertahankan, dan ada evaluasi juga dari WCC (World Craft Cuncil). Supaya Jogja bisa terus melakukan inovasi yang bisa mempertahankan itu," papar Tazbir, Selasa (18/5/2021).

Sementara itu, Kepala Balai Diklat Industri (BDI) Yogyakarta, Tevi Dwi Kurniaty mengatakan program ini merupakan bagian dari tugas pokok BDI Yogyakarta.

Diklat batik ini juga yang pertama kali digelar oleh BDI Yogyakarta.

"Kami mencoba kali ini memberikan pelatihan bagi generasi muda untuk mengikuti diklat batik karena termasuk dalam kerajinan itu," kata Tevi.

Ia menambahkan, diklat ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Aku Bangga Buatan Indonesia, serta melihat Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia.

Halaman
12
Penulis: Amalia Nurul F
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved