Breaking News:

Penyekatan Arus Balik

BREAKING NEWS: Pemudik Bakal Jalani Tes Rapid Antigen secara Acak

jajaran Polres Klaten juga bakal melaksanakan tes rapid antigen secara acak bagi pengendara yang melintas di perbatasan Jawa Tengah dan DIY

TRIBUN JOGJA / YUWANTORO WINDUAJIE
Situasi dan kondisi terkini di Pos Penyekatan Prambanan, Jumat 14 Mei 2021 atau hari kedua Lebaran 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Guna menghadapi arus balik Lebaran 2021, Jajaran Polres Klaten mengintensifkan penyekatan arus balik di Pospam Prambanan, Sabtu (15/5/2021).

Selain melakukan penyekatan saat arus balik, jajaran Polres Klaten juga bakal melaksanakan tes rapid antigen secara acak bagi pengendara yang melintas di perbatasan Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

Kasat Lantas Polres Klaten, AKP Abipraya Guntur Sulastiasto, mengatakan bahwa penyekatan yang dilakukan kali ini menyasar kendaraan plat luar daerah yang akan meninggalkan wilayah Jawa Tengah.

"Jadi kendaraan plat B maupun plat kendaraan dari Jawa timur ataupun Jawa barat kita putar balik kembali ke Jawa Tengah," ujar AKP Abipraya Guntur.

Terkait dengan teknis pelaksanaan penyekatan, lanjut Abipraya, mengatakan masih sama seperti pada penyekatan arus mudik sebelumnya.

Setiap kendaraan yang diidentifikasi akan melakukan perjalanan balik ke perantauan akan dihentikan oleh petugas gabungan.

Pengemudi dan penumpang kemudian akan diperiksa identitas, surat perjalanan dinas serta surat keterangan hasil tes COVID-19 seperti GeNose dan rapid antigen.

"Apabila saat kita periksa penumpang ada indikasi batuk pilek atau tidak bisa menunjukkan hasil genose atau surat antigen akan kita arahkan ke pos untuk tes rapid antigen" katanya.

Namun dalam pelaksanaan rapid antigen tersebut, hanya dilakukan secara acak.

"Kita ambil sampel misalnya drivernya atau salah satu penumpang apabila hasilnya negatif akan kita persilakan jalan kembali. Namun apabila hasilnya positif akan kita putar balik atau kita rujuk ke rumah sakit terdekat." jelasnya

Ia juga menjelaskan bahwa selama 10 hari pelaksanaan Ops Ketupat Candi, baik saat arus mudik maupun arus balik jajaran Polres Klaten sudah memutar balik sejumlah 649 kendaraan.

Ratusan kendaraan itu diminta putar balik karena terindikasi sebagai pemudik dan saat diperiksa tidak mampu menunjukan surat-surat perjalanan di masa libur lebaran 2021.

"Untuk yang diperiksa sebanyak 3124 kendaraan. Untuk yang di Genose atau Swab antigen saat ini 280 orang." tutupnya. (*)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved