Breaking News:

Pelaku Usaha Rotowijayan Berhadap Pandemi Corona Berlalu Agar Kunjungan Wisatawan Kembali Normal

jalan di depan tokonya itu bisa begitu ramai oleh kendaraan pribadi, becak, hingga andong. Tapi sekarang, jalan itu begitu kosong sehingga terasa

TRIBUN JOGJA/Alexander Ermando
Deretan toko cinderamata di Jalan Rotowijayan, Kota Yogyakarta yang nyaris tak ada pembeli pada Sabtu (15/05/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jalan Rotowijayan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta begitu lengang pada Sabtu (15/05/2021). Padahal saat ini masih dalam momen libur Lebaran sekaligus akhir pekan.

Sugiyah, karyawan di salah satu toko di jalan tersebut mengingat masa-masa liburan sebelum pandemi menerpa.

Menurutnya, saat akhir pekan biasa pun pusat cinderamata itu ramai pengunjung.

"Sebelum corona, kalau Lebaran pasti gayeng (ramai) terus," tuturnya ditemui di lokasi.

Menurut Sugiyah, jalan di depan tokonya itu bisa begitu ramai oleh kendaraan pribadi, becak, hingga andong. Tapi sekarang, jalan itu begitu kosong sehingga terasa kurang wajar.

Ia menilai sepinya pengunjung tak lepas dari aksi penyekatan di perbatasan wilayah DIY. Hal itu terkait dengan larangan mudik pemerintah yang bertujuan menekan kasus baru COVID-19.

"Makanya kami berharap pandemi ini benar-benar cepat selesai, supaya aturan bisa dilonggarkan dan wisatawan ramai lagi," ujar Sugiyah.

Fanani, pemilik toko cinderamata di Rotowijayan bahkan menilai upaya penyekatan yang dilakukan berhasil. Terbukti dari sepinya kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut.

Apalagi pelaku usaha di Rotowijayan sangat bergantung pada wisatawan luar DIY. Normalnya, wisatawan akan diarahkan ke sana setelah mereka berkeliling Kota Yogyakarta atau dari pantai.

"Biasanya kalau menjelang sore wisatawan dari pantai ke sini untuk membeli oleh-oleh. Siangnya pun juga sudah ramai," kata Fanani.

Halaman
12
Penulis: Alexander Aprita
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved