Breaking News:

Ini Persiapan Pemkab Magelang Hadapi Kemungkinan Lonjakan Kasus Covid-19 Pascalibur

Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto memaparkan beberapa langkah yang sudah diambil oleh Pemkab Magelang dalam rangka penanggulangan Pandemi

TRIBUNJOGJA/ Yosef Leon Pinsker
Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang terus berusaha mencegah dan menangani penyebaran Covid-19, bersinergi dengan semua pihak termasuk partisipasi masyarakat luas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto memaparkan beberapa langkah yang sudah diambil oleh Pemkab Magelang dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19 antara lain, penyiapan anggaran untuk penanganan Covid-19 yang dialokasikan dalam pos untuk Belanja Tidak Terduga (BTT) sebagaimana Instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2020.

Kemudian melakukan peningkatan kapasitas rumah sakit untuk menangani pasien Covid-19, penyiapan pelaksanaan program Jaring Pengaman Sosial, percepatan penyaluran dana desa agar pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di desa dapat dilaksanakan lebih efektif, mencukupi penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis dan tenaga lain dalam penanganan wabah Covid-19.

"Selain itu kita juga melakukan pengawasan secara ketat para pendatang dari luar daerah agar tidak semakin memperbesar risiko penyebaran Covid-19, serta beberapa langkah strategis lainnya," jelasnya, Jumat (14/05/2021).

Terkait Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, lanjut Adi, Pemkab Magelang telah melakukan kebijakan sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H.

Serta mendasarkan pada Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadhan Dan Idul Fitri Tahun 1442 H/2021.

"Maka saat ini telah diterbitkan juga Surat Edaran Bupati Magelang Nomor 443.5/1635/01.01/2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Magelang," ujarnya.

Sementara itu, Anggota Tim Penanganan Covid-19 Pusat, Pitoyo menjelaskan, agar Kabupaten Magelang memberikan pendampingan saat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah supaya tidak terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 seperti lebaran tahun lalu.

"Kita tahu seperti tahun lalu setiap libur hari besar baik Lebaran dan Natalan seminggu kemudian pasti kasus naik, maka ini harus kita antisipasi sedini mungkin," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Joko Widiyarso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved