Breaking News:

Yogyakarta

Stok Darah di PMI DI Yogyakarta Menipis selama Ramadan

Selain tren tahunan, pandemi COVID-19 serta vaksin ternyata cukup memengaruhi kondisi stok darah tahun ini. 

Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Selama libur Lebaran pelayanan darah beroperasi 24 jam sedangkan untuk pelayanan donor darah mulai pukul 08.00-20.00 WIB di lima Unit Donor Darah PMI wilayah DIY.

PMI DIY mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya, hal itu dikarenakan stok darah selama Ramadan dan Lebaran menipis di lima kabupaten/kota. 

Suryanto, Wakil Ketua Bidang Tranfusi Darah PMI DIY memaparkan bahwa pihaknya telah mengantisipasi stok darah yang menipis terutama pada H-7 sampai dengan H+7 Lebaran.

Diungkapkannya, selain tren tahunan, pandemi COVID-19 serta vaksin ternyata cukup memengaruhi kondisi stok darah tahun ini. 

Baca juga: Stok Darah di PMI Kulon Progo Menipis Saat Ramadan

"Untuk itu, kami mengimbau pendonor darah sukarela untuk tetap mendonorkan darahnya ke Unit Donor Darah PMI yang biasa dikunjungi sehingga masyarakat yang membutuhkan tetap mendapatkan pelayanan dengan baik," ujarnya Rabu (12/5/2021). 

Dijelaskannya, masyarakat yang sudah vaksin boleh mendonorkan darahnya dua minggu setelah mendapatkan vaksin COVID-19 kedua.

Masyarakat yang sedang berencana akan vaksin, juga  diimbau untuk berdonor darah terlebih dahulu.

"Bagi yang sudah pernah terpapar COVID-19 pun juga bisa membantu saudara-saudara kita dengan mendonorkan plasma konvalesen," ungkapnya. 

Untuk menarik pendonor darah beberapa UDD PMI Kabupaten/Kota menyelenggarakan doorprize menarik.

Seperti di UDD PMI Kabupaten Sleman, selain telah bekerja sama dengan kapanewon dan beberapa organisasi untuk rutin menyelenggarakan donor darah juga mengadakan doorprize berupa lemari es, televisi, sepeda gunung dan lainnya yang akan diundi pada akhir Syawal 1442 H.

Baca juga: PMI di Seluruh DIY Siagakan Ambulans dan Personel dalam Posko Lebaran 2021

"Undian berhadiah ini berlaku untuk pendonor darah yang mendonorkan darah di PMI Sleman mulai awal Ramadan sampai dengan 15 Syawal 1442 H," ujarnya. 

Sementara, Unit Donor Darah PMI Kabupaten Kulon Progo juga menyelenggarakan hal yang sama dengan doorprize di antaranya panci set, kompor, seterika, blender, rice cooker, dispenser juga sepeda untuk periode donor darah 23 April sampai dengan 13 Juni 2022.

Pengundian akan dilakukan pada 14 Juni 2022. 

Untuk mengetahui stok darah PMI di DIY bisa mengakses ayodonor.pmi.or.id atau akun twitter @pmi_diy.( Tribunjogja.com )

Penulis: Santo Ari
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved