Breaking News:

Lebaran 2021

Penjelasan Lengkap Menteri Agama, Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Pengumuman Idul Fitri 1442 Hijriah disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas setelah menggelar sidang isbat

Editor: Muhammad Fatoni
Dok.Humas Kemenag RI
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah atau perayaan Idul Fitri 2021 jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Pengumuman Idul Fitri 1442 Hijriah disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas setelah menggelar sidang isbat pada Selasa (11/5/2020).

"Awal bulan Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021, saya menyampaikan minal aidzin walfaizin selamat merayakan Idul Fitri," kata Gus Yaqut, dikutip dari tayangan Kompas TV, Selasa (11/5/2021).

Penetapan Idul Fitri ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah ulama, organisasi Islam, dan pemangku kepentingan.

Baca juga: Panduan Tata Cara Salat Idul Fitri, Lafal Niat hingga Bacaan di Antara Takbir Salat Id

Baca juga: Hingga Selasa Petang, Preferensi Hilal 1 Syawal 1442 H Belum Terlihat

Sidang isbat dilakukan dengan mempertimbangkan dua hal, yaitu hasil hisab atau berdasarkan perhitungan astronomi dan rukyatul hilal atau pengamatan hilal/bulan baru.

"Ini bukanlah dua metode yang saling berhadapan atau dibenturkan, keduanya sama pentingnya, jadi saling melengkapi satu dengan yang lain," tambah Gus Yaqut.

"Kita telah mendengar paparan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag yang menyatakan tinggi hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk, yaitu berkisar dari minus 5,6 sampai dengan minus 4,4 derajat," kata Yaqut.

Paparan tersebut, lanjutnya, juga dikonfirmasi oleh pernyataan para perukyah yang diturunkan Kemenag di 88 titik di Indonesia.

Para perukyah di seluruh Indonesia, kata Yaqut, tidak ada yang melihat hilal. Sementara berdasarkan penghitungan hisab juga 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

Maka secara astronomis atau hisab, hilal tidak dimungkinkan untuk dilihat dan bulan Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved