Breaking News:

Askab PSSI Bantul Segera Buka Pendaftaran Calon Ketum Baru

Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bantul telah merencanakan Kongres pada akhir bulan ini Minggu (30/5/2021) yang akan datang.

TRIBUNJOGJA/ Taufiq Syarifudin
Askab PSSI Bantul seusai memberikan keterangan pers soal kongres dan pendaftaran ketua umum baru. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bantul telah merencanakan Kongres pada akhir bulan ini Minggu (30/5/2021) yang akan datang.

Rencana terserbut seiring dengan agenda pemilihan Ketua Umum (Ketum) untuk periode kepengurusan yang baru.

Beberapa tahapan juga telah dilakukan oleh Askab PSSI Bantul, mulai dari sosialisasi sampai pembukaan pendaftaran untuk bakal calon ketua umum periode 2021-2025.

Baca juga: Libur Lebaran, Tempat Wisata di Sleman Diizinkan Buka Asalkan Memenuhi Syarat Ini

Selain itu, Askab PSSI Bantul juga membuka kesempatan untuk merekrut posisi lain semisal wakil ketua dan anggota komite eksekutif (Exco).

“Pekan lalu mulai tanggal 4-10 Mei tahapannya sosialisasi ke anggota, sedangkan pekan ini tanggal 11-17 Mei sudah masuk tahapan pendaftaran nama balon Ketum,” kata Penanggungjawab Kegiatan Kongres Askab PSSI Bantul, Susela Marwata kepada wartawan di Sekretariat Askab PSSI Bantul, Selasa (11/5/2021) siang.

“Untuk wakil ketua juga kami buka, serta anggota Exco. Nantinya dalam pemilihan nanti dipilih satu Ketum dan Wakil Ketua, serta tiga orang Exco, itu sesuai statuta PSSI Bantul,” jelasnya.

Sementara itu, menurut kabar sudah ada calon yang hendak mendaftar.

Namun Susela mengaku belum resmi menerima pengembalian formulir pendaftaran dari bakal calon, baik calon wakil maupun Exco.

“Kalau pendaftar memang belum ada, tapi kami mendengar sudah ada jago dan bahkan sudah gencar melakukan sosialisasi ke anggota,” ucapnya.

Adapun Ketua Kongres, Sapto Priyono menyampaikan tahapan yang telah dilalui sebelumnya masih akan berlanjut kepada lima tahapan baru.

Yakni perpanjangan pendaftaran bakal calon, verifikasi persyaratan, penetapan bakal calon menjadi calon, kemudian sosialisasi calon terhadap anggotanya, terakhir puncaknya di Kongres Askab PSSI Bantul.

Kemudian, Ketua Komite Pemilihan Askab PSSI Bantul, Bambang Nugroho mengungkapkan ada syarat yang musti dipenuhi bakal calon perihal wajibnya mendapat dukungan minimal 15 suara dari anggota Askab PSSI Bantul. 

Baca juga: Sudah Ada 2.305 Kendaraan yang Ditolak Masuk ke Wilayah DI Yogyakarta

“Untuk bakal calon Ketum, syaratnya minimal dicalonkan satu anggota dan mendapat dukungan dari 15 anggota. Kalau Wakil dicalonkan satu anggota dan mendapat dukungan 10 anggota, sedangkan anggota Exco hanya membutuhkan satu anggota untuk mencalonkan tanpa harus menyertakan surat adanya dukungan,” jelasnya.

Sebagai catatan, jumlah anggota Askab PSSI Bantul yang memiliki suara adalah 70 klub dan asosiasi. Jumlah tersebut terdiri dari 12 anggota klub dari level kompetisi Divisi Super, 15 anggota klub kompetisi Divisi Utama, 20 anggota klub kompetisi Divisi I, 20 anggota klub kompetisi Divisi II, serta 3 voter wakil Asosiasi Wasit, Asosiasi Sepakbola Wanita dan Futsal. (tsf)

Penulis: Taufiq Syarifudin
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved