Breaking News:

Dua Tahun jadi Buronan, Aktor Utama Kerusuhan Papua 2019 Silam Akhirnya Ditangkap di Jayapura

Dua Tahun jadi Buronan, Aktor Utama Kerusuhan Papua 2019 Silam Akhirnya Ditangkap di Jayapura

Editor: Hari Susmayanti
Humas Satgas Nemangkawi
Victor Yeimo saat berada di Mapolda Papua 

TRIBUNJOGJA.COM, PAPUA - Dua tahun menjadi buron kepolisian dalam kasus kerusuhan di Papua, Victor Yeimo akhirnya berhasil diringkus aparat keamanan yang tergabung dalam Satuan Tugas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi.

Victor Yeimo ditangkap di Jayapura pada Minggu (9/5/2021) malam.

Victor sebelumnya masuk dalam daftar pencarian orang sejak 2019 silam.

Saat ini pria yang dituding menjadi aktor utama kerusuhan di sejumlah daerah di Papua pada Agustus-Oktober 2019 silam tersebut tengah menjalani pemeriksaan di Polda Papua.

Statusnya pun sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Selain itu, dia juga dinyatakan sebagai tersangka berdasarkan keterangan ahli," kata Kepala Satgas Operasi Nemangkawai Kombes Iqbal Alqudusy di Timika.

Baca juga: Takut jadi Sasaran KKB Papua, 100 Warga Pilih Mengungsi ke Kantor Bupati Puncak

Baca juga: Aksi Teror KKB Papua Tembaki Kantor Polisi di Distrik Ilaga, Ini Penjelasan Kapolda Papua

Victor disangkakan melakukan tindak pidana makar atau menyiarkan berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat, sebagaimana diatur dalam Pasal 106 jo Pasal 87 KUHP atau Pasal 110 KUHP.

Dan atau Pasal 14 ayat (1), (2) dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dan atau Pasal 66 UU No 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lambang negara, serta lagu kebangsaan.

Lantas siapakah Victor?

Polisi menggiring salah satu tersangka kasus unjuk rasa yang berujung rusuh di Papua ketika olah TKP di Kota Jayapura, Papua, Minggu (1/9/2019).
Polisi menggiring salah satu tersangka kasus unjuk rasa yang berujung rusuh di Papua ketika olah TKP di Kota Jayapura, Papua, Minggu (1/9/2019). (ANTARA/Zabur Karuru)

Terlibat Kerusuhan di Papua 2019

Melansir Antara, berdasarkan keterangan sejumlah saksi yang telah diperiksa, Victor Yeimo merupakan aktor utama kerusuhan yang melanda beberapa daerah di Papua, Agustus-Oktober 2019.

Victor juga disebut sebagai pemimpin demonstrasi serta orator.

"Berdasarkan keterangan saksi-saksi yang menyebutnya sebagai pimpinan demo dan orator yang berorasi mengenai Papua merdeka dan memprovokasi masyarakat hingga mengakibatkan kerusakan umum," tutur Iqbal, dilansir dari Antara.

"Victor Yeimo, aktor kasus kejahatan keamanan negara, yaitu kerusuhan Papua tahun 2019," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Sosok Victor Yeimo Aktor Kerusuhan Papua yang Ditangkap setelah 2 Tahun Buron, Kini Jadi Tersangka

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved