Breaking News:

BREAKING NEWS : PP Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 1442 H Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Penentuan Idul Fitri 1 syawal 1 1442 Hijriah/ 2021 oleh PP Muhammadiyah dengan menggunakan metode hisab.

dok.istimewa
Logo PP Muhammadiyah 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yuwantoro Winduajie

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto, menuturkan penentuan 1 syawal  1442 Hijriah oleh PP Muhammadiyah dengan menggunakan metode hisab.

Adapun hisab merupakan perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

"PP Muhammadiyah menentukan hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021, penentuan ini berdasarkan metode hisab," katanya saat jumpa pers di gedung PP Muhammadiyah, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Senin (10/5/2021).

Karena masih berada dalam situasi pandemi Covid-19 dan kasus penularan belum kunjung melandai, PP Muhammadiyah meminta masyarakat memperhatikan beberapa hal saat merayakan Idul Fitri 1442 H tahun ini. 

Terkait pelaksanaan takbir keliling, dianjurkan agar dilaksanakan dari kediaman masing-masing dengan khusyuk dan melibatkan anggota keluarga sehingga tercipta suasana  kerohanian yang semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Namun jika ingin tetap menggelar, sebaiknya hanya dilaksankan di lingkungan masjid secara terbatas dan menerapkan prokes ketat.

"Selama tidak ada jamaah yang terpapar Covid-19 masih diperbolehkan, dengan pembatasan jumlah orang dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," jelasnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri, PP Muhammadiyah menganjurkan agar dilaksanakan di rumah masing-masing jika di lingkungannya terdapat warga yang terpapar Covid-19. 

Halaman
12
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved