Berita Kesehatan

Begini Cara Diabetes 'Melumpuhkan' Tubuh dengan Menghancurkan Penghasil Insulin

Diabetes tipe 1 menyerang sel beta penghasil insulin di pankreas. Sel ini  dihancurkan sehingga tubuh tidak mampu memproduksi insulin

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
KatarzynaBialasiewicz
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes tipe 1 menyerang sel beta penghasil insulin di pankreas. Sel ini  dihancurkan sehingga tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk mengatur kadar gula darah.

Dengan demikian, tubuh tak bisa lagi mengendalikan atau mengontrol kadar gula dalam darah yang tentu saja membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko komplikasi yang mematikan.

Diabetes tipe 1 kadang-kadang dapat disebut sebagai diabetes remaja, namun istilah ini umumnya dianggap sudah ketinggalan zaman karena meskipun umumnya didiagnosis pada anak-anak, kondisi ini dapat berkembang pada usia berapa pun.

Diabetes yang bergantung pada insulin adalah istilah lain yang terkadang digunakan untuk menggambarkan diabetes tipe 1.

Karena diabetes tipe 1 menyebabkan hilangnya produksi insulin, maka diperlukan pemberian insulin secara teratur baik melalui suntikan atau pompa insulin.

Baca juga: Mengenal Insulin, Si Pengendali Gula Darah untuk Minimalisir Komplikasi Diabetes

Gejala diabetes tipe 1

Gejala diabetes tipe 1 harus segera ditindaklanjuti, karena tanpa pengobatan diabetes tipe ini bisa mematikan.

Gejalanya meliputi:

  • Rasa haus di atas rata-rata
  • Kelelahan di siang hari
  • Perlu buang air kecil secara teratur
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • Gatal kelamin

Diabetes tipe 1 cenderung berkembang lebih lambat pada orang dewasa daripada pada anak-anak dan dalam beberapa kasus diabetes tipe 1 pada orang dewasa mungkin salah didiagnosis sebagai diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 pada orang dewasa di atas 35 tahun terkadang disebut sebagai Laten Autoimun Diabetes of Adulthood (LADA).

Baca juga: Rekomendasi Para Ahli Soal Cara Mengendalikan Kadar Gula Darah Secara Alami

Penyebab diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kesalahan dalam respons kekebalan tubuh di mana sistem kekebalan secara keliru menargetkan dan membunuh sel beta, sel di pankreas yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin.

Karena semakin banyak sel penghasil insulin di pankreas yang dimatikan, tubuh tidak dapat lagi mengontrol atau mengendalikan kadar gula darahnya dan gejala diabetes mulai muncul.

Apa yang menyebabkan kesalahan awal dalam sistem kekebalan belum ditemukan, namun, penelitian menunjukkan bahwa kondisi tersebut dihasilkan dari kombinasi kecenderungan genetik dengan pemicu lingkungan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved