Breaking News:

Pakar UGM: Tempat Kerja Wajib Lakukan Upaya Preventif Penyebaran Covid-19 untuk Lindungi Karyawan

Pandemi Covid-19 yang berlangsung saat ini mengharuskan setiap institusi dan perusahaan lebih giat melakukan upaya promosi dan preventif kesehatan

Tangkapan Layar
Dekan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM Prof dr Ova Emilia MMedEd SpOG (K) PhD 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pandemi Covid-19 yang berlangsung saat ini mengharuskan setiap institusi dan perusahaan lebih giat melakukan upaya promosi dan preventif kesehatan untuk melindungi pekerja dari mata rantai penularan Covid-19.

Sebab pelayanan secara kuratif tidak akan mampu menanggulangi penyebaran virus Corona di tanah air. 

“Hal ini dilakukan sebagai suatu upaya melindungi semua orang yang ada dalam lingkungan kerja. Bahkan lewat pemahaman dan praktik yang baik justru bisa melindungi mereka saat berada di luar tempat kerja,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM Prof dr Ova Emilia MMedEd SpOG (K) PhD, dalam webinar bertajuk Efektifitas Rekayasa Lingkungan dalam Mewujudkan Kampus Sehat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Tim Reatics UGM Sabet Juara II Kompetisi Chem-E-Car Nasional 2021

Menurut dia, menciptakan lingkungan kerja yang sehat bisa meningkatkan produktivitas pekerja.

Sebab lingkungan kerja yang tidak sehat bisa menurunkan produktivitas kerja hingga 40 persen.

“Produktivtas kerja bisa menurun apabila lingkungan tidak sehat sehingga tergantung kondisi kesehatan di lingkungan kerja,” paparnya.

Selain faktor pandemi, kondisi lingkungan kerja yang tidak sehat bisa menciptakan kondisi stres berkepanjangan yang bisa berefek buruk bagi kondisi para pekerja.

Di samping itu menciptakan kondisi lingkungan sosial yang sehat dengan tidak adanya bentuk diskriminasi, bullying ataupun kekerasan.

“Saya kira banyak hal yang perlu dilakukan agar bisa menjamin tempat bekerja bisa sehat dan dapat mencegah dampak dari penularan Covid-19 ini,” ungkapnya.

Baca juga: Info Prakiraan Cuaca BMKG DI Yogyakarta Hari Ini, Sabtu 8 Mei 2021

Sementara Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI dr Riskiyana Sukandhi Putra, MKes menyebutlan ada sekitar 127 pekerja di Indonesia dimana 133 juta masuk kategori usia produktif.

Halaman
12
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved