Breaking News:

Yogyakarta

Kemenag Apresiasi Dukungan Gubernur DIY untuk Percepat Pembangunan Asrama Haji di Kulon Progo

Jika pembangunan asrama haji ini dipercepat, akan berdampak positif untuk para jemaah haji dan masyarakat.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof Nizar Ali mengapresiasi dukungan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk mempercepat pembangunan asrama haji di Kabupaten Kulon Progo.

“Terkait tawaran dari Ngarsa Dalem, menurut kami, itu sangat baik dan efektif. Prinsipnya, Ngarsa Dalem melihat proses ini harus berjalan cepat. Maka, ada skema yang Sultan tawarkan,” katanya seusai audiensi dengan Gubernur DIY di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Jumat (7/5/2021).

Skema yang ditawarkan adalah kerja sama dengan PT ataupun pihak ketiga. 

Skema itu bisa menjadi alternatif, mengingat proyeksi pencairan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) butuh waktu lama.

Baca juga: Renovasi, Shelter Asrama Haji Diistirahatkan Satu Bulan

“Kalau andalkan APBN ya bisa selesai, tapi lama. Sehingga, supaya singkat, beliau menyarankan untuk komunikasi dan kerja sama dengan berbagai pihak tadi,” katanya.

Dia menjelaskan, jika pembangunan asrama haji ini dipercepat, akan berdampak positif untuk para jemaah haji dan masyarakat.

Ia berharap, hal itu bisa benar-benar terlaksana mengingat asrama haji bakal dibangun diatas Sultan Ground.

Tidak hanya itu, kata Nizar, Sultan memberi masukan agar asrama haji memiliki klasifikasi bangunan setara dengan hotel bintang 3 atau 4.

“Pada prinsipnya, dari Kemenag, yang penting ada fasilitas untuk keberangkatan haji dengan cepat. Ini bisa memberikan manfaat ke Keraton Yogyakarta juga ke masyarakat,” tandasnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Ardhike Indah
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved