Breaking News:

Penyekatan Mudik 2021

Usaha Rental Motor dan Mobil di DIY Terimbas Kebijakan Larangan Mudik, Pembatalan Armada hingga 50%

Pesanan mobil yang dibatalkan biasanya berasal dari warga luar kota yang ingin merayakan Idulfitri di DIY sekaligus jalan-jalan.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ardhike Indah
ILUSTRASI kendaraan bermotor yang melintas di Sleman, DI Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pelaku usaha rental motor dan mobil terimbas kebijakan larangan mudik dan sejumlah penyekatan di berbagai titik di DI Yogyakarta.

“Kebijakan larangan mudik dan adanya penyekatan ini berdampak kepada kami, pengusaha rental dan motor. Mobil yang sebelumnya sudah dipesan, sebagian besar dibatalkan, hampir ada 50 persen yang batalkan,” kata pengusaha rental mobil, Yanuar Gajaksahda kepada Tribunjogja.com, Kamis (6/5/2021).

Yanuar, yang juga merupakan Ketua Komunitas Rental Motor Indonesia (RMI) ini menjelaskan, 50 persen mobil rental yang tidak dibatalkan sebagian besar dipesan oleh warga lokal.

Sementara, pesanan mobil yang dibatalkan biasanya berasal dari warga luar kota yang ingin merayakan Idulfitri di DIY sekaligus jalan-jalan.

Baca juga: Usaha Rental Motor di DIY Mulai Stabil, Godok Aturan Penyewaan Sesuaikan dengan Regulasi ETLE

“Dari 50 persen pesanan yang dibatalkan itu ada juga dari mereka yang ingin mudik ke luar kota dari DIY. Mudiknya ya enggak yang jauh, paling seperti ke Semarang, Purworejo, masih area Jawa Tengah,” bebernya.

Dikatakannya, usaha rental motor dan mobil sangat bergantung dengan kedatangan wisatawan.

Sehingga, di masa seperti ini, pihaknya tidak akan meraup untung lantaran tidak ada turis datang.

“Ada juga yang wait and see. Lihat ini bagaimana regulasinya, bagaimana penyekatannya. Kalau bisa keluar DIY ya jadi pinjam mobil. Kalau tidak bisa, ya sudah dibatalkan,” tambah Yanuar.

Dengan adanya kebijakan ini, pelaku usaha hanya berharap pesanan dari warga lokal yang ingin menyewa armada, baik motor maupun mobil.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved