Breaking News:

Penyekatan Mudik 2021

Posko Penyekatan Aktif Hari Ini, Kendaraan Dalam Kota Turut Diperiksa Satlantas Polresta Yogyakarta

Mulai hari ini jajaran kepolisian resmi mengaktifkan posko penyekatan di 10 titik perbatasan, atau pintu masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Miftahul Huda
Penyekatan dalam kota di depan eks hotel Nataputra, Wirobrajan mulai diaktifkan, Kamis (6/5/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Miftahul Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mulai hari ini jajaran kepolisian resmi mengaktifkan posko penyekatan di 10 titik perbatasan, atau pintu masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sejumlah titik perbatasan masuk DIY kini telah dijaga oleh anggota polisi dan personel gabungan lainnya, tak terkecuali di dua pintu masuk Kota Yogyakarta yang berada di simpang tiga Gejayan dan depan eks hotel Nataputra, Wirobrajan.

Pantauan Tribun Jogja pada Kamis (6/5/2021) pagi, tampak petugas kepolisian bersama TNI dan dari Dishub Kota Yogyakarta mulai melakukan seleksi terhadap kendaraan yang melintas.

Baca juga: Hari Pertama Penyekatan di Patuk Gunungkidul, Tercatat Ada 25 Kendaraan Plat Luar DI Yogyakarta

Baca juga: Tujuh Mobil Pemudik yang Nekat Masuk Klaten Diminta Putar Balik ke Yogyakarta

Mereka memeriksa para pengguna jalan, yang melintas di depan pos pantau eks hotal Nataputra Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Antrean panjang kendaraan juga terlihat selama pemeriksaan berlangsung, karena satu persatu petugas kepolisian menanyakan tujuan dan keperluan para pengguna jalan.

"Kami sudah mulai sejak pukul 00.00 WIB kemarin malam. Dan pagi ini resmi kami lalukan penyekatan di Wirobrajan," kata Kasatlantas Polresta Yogyakarta Kompol Chandra Lulus Widiantoro, saat meninjau ke lokasi.

Ia menambahkan, razia pengendara itu akan dilakukan pada pagi, sore, hingga malam hari menyesuaikan kepadatan kendaraan.

Tujuan penyekatan itu menurutnya untuk menghalau para pemudik yang hendak masuk ke Kota Yogyakarta.

"Makanya kami tanyakan tujuan dan keperluan pengguna jalan itu apa. Khususnya bagi kendaraan yang berpelat nomor luar kota," tambah Chandra.

Lebih lanjut, Chandra menjelaskan dua pos yang ada di wilayah hukum Polresta Yogyakarta hanya sebagai lapis kedua.

Baca juga: Larangan Mudik Resmi Diberlakukan Hari Ini, Jalur DI Yogyakarta-Magelang Mulai Dilakukan Penyekatan

Baca juga: Penyekatan di Pos Polisi Prambanan Klaten, Dua Mobil Diminta Putar Balik ke Arah DI Yogyakarta

Itu artinya, kendaraan yang diminta untuk putar balik sangat jarang karena pemeriksaan yang dilakukan tidak begitu mendesak seperti halnya pos penjagaan di batas wilayah.

"Kami hanya lapis kedua dari pos-pos utama di perbatasan wilayah. Jadi data kendaraan yang diputar balik belum ada," ungkapnya.

Perlu diingat, penyekatan di dalam kota akan dilakukan selama enam hari ke depan, atau akan berakhir pada 17 Mei 2021. (hda)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved