Breaking News:

Penyekatan Mudik 2021

Hotel-Hotel di DI Yogyakarta Siapkan Kamar Karantina untuk Pemudik 

Kamar isolasi bagi pemudik ini hanya bisa dimanfaatkan bagi pemudik dengan hasil test PCR negatif COVID-19 namun terlanjur masuk wilayah DIY.

Istimewa
Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah hotel di DI Yogyakarta menyiapkan ruang isolasi mandiri (isoman) bagi para pemudik yang datang ke DIY menjelang Lebaran 2021.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (DPD PHRI) DIY Deddy Pranawa mengungkapkan, kamar isolasi bagi pemudik ini hanya bisa dimanfaatkan bagi pemudik dengan hasil test PCR negatif COVID-19 namun terlanjur masuk wilayah  DIY.  

Menurutnya, telah ada 10 hotel yang berencana menyediakan fasilitas dan layanan karantina mandiri tersebut.

"Ada hotel-hotel dengan total 500-an kamar yang disiapkan untuk karantina ini. Ini masih koordinasi dengan pemerintah daerah,” jelas Deddy, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Update COVID-19 DI Yogyakarta 6 Mei 2021 : Bertambah 229 Kasus Baru, 319 Pasien Dinyatakan Sembuh

Namun Deddy belum bisa memastikan apakah layanan tersebut akan digunakan dalam kondisi darurat saja ketika kapasitas shelter isolasi di DIY penuh atau digunakan sewaktu-waktu jika masyarakat membutuhkan.

Kendati demikian, pengelola hotel telah menyusun paket menginap untuk masyarakat yang akan menjalani karantina di hotel.

Paket tersebut berisi jatah makan tiga kali dalam sehari serta satu kali pemeriksaan sampel rapid test antigen untuk mendeteksi penularan COVID-19 jelang akhir masa karantina.

Deddy mencontohkan, paket harga paket pelayanan karantina mandiri selama lima hari berkisar antara Rp 6-9 juta di hotel berbintang.

Untuk hotel non berbintang, harga paketnya maksimal sebesar Rp3 juta.

“Hotel untuk lokasi karantina ini rencananya tersebar di lima kabupaten/kota,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved