Breaking News:

Dari Sabang Sampai Merauke, Inilah 5 Menu 'Indonesia Banget' yang Bikin Kangen Kampung Halaman

Siapa tahu, memasak makanan favorit dari kota asalmu dapat mengobati kerinduan akan kampung halaman

Editor: Ikrob Didik Irawan
Freepik.com
Ilustrasi: Soto 

TRIBUNJOGJA.COM - Indonesia dikenal sebagai negara kaya akan rempah yang telah melahirkan banyak kuliner nusantara yang kita kenal sampai hari ini.

Tersebar di seluruh Indonesia, setiap daerah menghasilkan hidangan yang diperkenalkan dan dimasak turun temurun hingga akhirnya menjadi ciri khas.

Mulai dari yang manis, pedas, gurih, asam segar hingga campuran diantaranya bisa ditemukan pada makanan tanah air.

Tak jarang, aneka makanan khas pun turut hadir pada perayaan dan acara-acara spesial yang kental dengan tradisi, mulai dari pernikahan, perayaan keagamaan, hingga hari besar, seperti Lebaran.

Setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, Lebaran merupakan hari kemenangan yang ditunggu oleh umat Muslim.

Inilah momen yang sangat ditunggu untuk berkumpul dan melepas rindu. Bukan hanya rasa rindu pada keluarga, tapi juga pada makanan khas kampung halaman.

Bisa jadi masakan khas nenek yang soal rasa tidak ada duanya, atau makanan kesukaan hasil tangan ibu yang sudah menemani sejak kecil.

Meski tahun ini pulang ke kampung halaman masih tertunda demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang sekitar yang disayangi, tidak ada salahnya melirik ragam kuliner nusantara yang jadi ciri khas daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke berikut:

Asam Padeh

Asam Padeh
Asam Padeh (Net)

Selain rendang dan dendeng, Padang juga memiliki hidangan khas, yaitu asam padeh. Umumnya, asam padeh menggunakan daging sapi, meski sudah banyak yang membuatnya menggunakan ayam ataupun ikan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved