Breaking News:

Yogyakarta

Sebanyak 53.743 Orang Masuk ke DI Yogyakarta Sejak 6 Hari Kemarin

Sejak 29 April 2021 hingga 4 Mei 2021 tercatat sudah ada 53.743 penumpang yang turun di stasiun, bandara, dan terminal di DIY.

ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Data Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY mencatat sejak 29 April 2021 hingga 4 Mei 2021 tercatat sudah ada 53.743 penumpang yang turun di stasiun, bandara, dan terminal di DIY.

Belum diketahui secara pasti apakah puluhan ribu penumpang tersebut merupakan masyarakat yang mencuri start untuk mudik, sebelum diberlakukannya pelarangan mudik di tengah pandemi COVID-19.

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, para penumpang yang masuk ke DIY paling banyak didominasi dari jalur penerbangan yakni sebanyak 13.652 orang, sedangkan yang masuk melalui terminal sebanyak 13.451 orang, dan lewat stasiun sebanyak 9.705 orang.

Dari data yang diperlihatkan, kepadatan pergerakan moda transportasi itu terjadi antara tanggal 1 Mei hingga 4 Mei 2021.

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021 Mulai Besok, Polisi Siapkan 381 Pos Penyekatan

Di tanggal tersebut, pergerakan masyarakat yang masuk ke DIY melalui tiga moda transportasi itu rata-rata 1.700 hingga 3.000 penumpang.

"Itu pantauan selama masa pengetatan, beberapa kali kami laksanakan kegiatan kepolisian yang bersifat mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik," kata Iwan, saat ditemui di Polda DIY, Rabu (5/5/2021).

Selain memantau pergerakan masyarakat yang masuk ke wilayah DIY, selama masa pengetatan menjelang pelarangan mudik, jajaran kepolisian juga telah melakukan seleksi kendaraan yang hendak masuk ke DIY.

Hasilnya 32 kendaraan diminta putar balik pada operasi Selasa (4/5/2021) kemarin dengan jumlah kendaraan yang diperiksa sebanyak 240 kendaraan.

"Ada beberapa kendaraan yang kami minta putar balik kemarin. Jadi sebagai persiapan pelarangan mudik kami sudah melakukan tindakan," jelasnya.

Iwan menegaskan bahwa saat ini pemerintah telah melarang masyarakatnya untuk mudik ke kampung halaman.

Hal itu diterapkan untuk mencegah penularan COVID-19 yang semakin masif ketika terjadi mobilitas masyarakat yang tinggi.

Baca juga: Disperindag Sleman Siapkan Stiker untuk Kendaraan Pedagang dari Luar Daerah

Dalam kesempatan yang berbeda, Kabid Pengendalian Operasional Dishub DIY Bagas Senoadji saat menghadiri rapat bersama Komisi A DPRD DIY menyampaikan, total titik jalan yang menjadi pantauan oleh Dishub DIY sebanyak 18 titik.

Jumlah tersebut dikatakan olehnya sudah termasuk 10 titik penyekatan dari Polda DIY.

Sementara personel dari Dishub yang disiagakan dalam pengamanan mudik kali ini sebanyak 435 personel.

"Kami sifatnya membantu pengamanan. Memang ada beberapa di terminal dan titik penyekatan bersama Polda DIY," ujarnya.( Tribunjogja.com )

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved