Breaking News:

Mudik 2021

Mudik Lebaran 2021, Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah Saling Setop Pemudik

mudik lebaran 2021 selama 6-17 Mei 2021 ogya akan menyetop pemudik yang datang ke Yogya dan Jawa Tengah yang datang dari Yogya

Dok Polres Sleman
Polres Magelang melaksanakan penyekatan kendaraan di perbatasan Salam, Kabupaten Magelang pada April 2020. 

TRIBUNJOGJA.COM, Yogyakarta - Pemerintah resmi melarang aktivitas mudik lebaran 2021 selama 6-17 Mei 2021.

Pemerintah di masing-masing daerah berkoordinasi untuk mendukung kebijakan yang bertujuan menangkal penularan Covid-19 .

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan pihaknya telah melakukan kerja sama antar daerah, salah satunya Jawa Tengah.

"Yogya akan menyetop (pemudik) yang datang ke Yogya dan Jawa Tengah akan menyetop yang datang dari Yogya.

"Jadi nanti bukan hanya melihat surat sehat, tetapi siapa pun yang mudik kami minta untuk kembali," ujar Aji dalam diskusi daring Sonjo Jogja, Minggu (2/5/2021) malam.

Aji melanjutkan, pelaku perjalanan yang diperbolehkan melintas antar provinsi hanyalah mereka yang memiliki urusan pekerjaan.

Hal itu harus dibuktikan dengan surat keterangan dari atasan atau lurah asalnya.

"Yang boleh melintas antar provinsi hanya yang punya surat keterangan karena bekerja. Diberi oleh pimpinan perusahaan atau instansinya, sementara kalau pedagang informal diberikan oleh Pak Lurah setempat," papar Aji.

Aji menambahkan, pihaknya menaruh harapan kepada kalurahan untuk menjadi benteng terakhir bagi antisipasi penularan Covid-19 di wilayah masing-masing.

"Kami menaruh harapan kepada kalurahan untuk menjadi benteng terakhir untuk menjaga di sana. Saya tidak yakin menyerahkan kepada dinas perhubungan, TNI, Polri, orang kalau sudah di jalan pasti akan cari jalan lain," tandas Aji.

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved