Breaking News:

Kabupaten Sleman

Disdukcapil Sleman Siap Layani Administrasi Kependudukan Transgender

Apabila ada warga transgender yang ingin mengubah jenis kelamin, maka syarat yang harus dipenuhi adalah harus ada salinan putusan dari pengadilan. 

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
Ist
Ilustrasi KTP 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, memastikan siap melayani semua lapisan masyarakat tanpa diskriminasi.

Semua akan dilayani dalam status yang sama.

Bahkan, bagi transgender yang ingin mengubah jenis kelamin di administrasi kependudukan (adminduk) siap dilayani, sesuai arahan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri.

Asalkan syaratnya lengkap dan benar. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, Jazim Sumirat mengatakan, jenis kelamin dalam sistem hukum administrasi kependudukan hanya ada dua, yaitu laki-laki dan perempuan.

Baca juga: Disdukcapil Kulon Progo Layani Warganya yang Transgender Urus Dokumen Kependudukan

Apabila ada warga transgender yang ingin mengubah jenis kelamin, maka syarat yang harus dipenuhi adalah harus ada salinan putusan dari pengadilan. 

"Apabila ingin mengubah jenis kelamin, maka harus ada putusan pengadilan. Jika sudah ada putusan pengadilan, maka baru kita ubah. Karena dasarnya itu, untuk mengubah dokumen," kata dia, Rabu (5/5/2021). 

Jazim mengungkapkan, jawatannya adalah pelayan adminitrasi.

Dapat mengubah data administrasi kependudukan ketika ada produk hukum yang sudah jelas.

Misalnya, ada seseorang yang awalnya tercatat laki-laki kemudian mengajukan permohonan perubahan jenis kelamin menjadi perempuan, maka bisa diubah ketika ada bukti lampiran putusan dari pengadilan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved