Breaking News:

Disdukcapil Kota Magelang Fasilitasi Penuh Dokumen Kependudukan Warganya yang Transgender

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang sangat terbuka dalam pelayanan dokumen kependudukan bagi warga yang melakukan

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang sangat terbuka dalam pelayanan dokumen kependudukan bagi warga yang melakukan perubahan kelamin.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Endrat Energiarso mengatakan, pelayanan bagi masyarakat yang melakukan perubahan kelamin sudah diatur dalam hukum dan bersifat sah.

"Aturannya untuk itu sudah ada, merujuk pada UU No .23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Di mana, juga diatur dalam pasal 56 ayat (1) tentang pencatatan peristiwa penting yang ditetapkan oleh pengadilan negeri antara lain perubahan kelamin, untuk dicatatkan pada instansi pelaksana (Disdukcapil). Sehingga, aturannya sudah jelas dan diatur negara," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Rabu (05/05/2021).

Baca juga: Perkuat Sinergi, PAN DI Yogyakarta Sowan ke Pengurus Muhammadiyah

Namun, dalam permohonannya bagi masyarakat yang melakukan perubahan kelamin diwajibkan memiliki salinan penetapan pengadilan negeri tentang perubahan kelamin.

Kemudian, barulah bisa mengajukan permohonan ke Disdukcapil untuk diproses lebih lanjut.

"Ya, syarat yang paling utama harus ada penetapan dari pengadilan negeri terlebih dulu. Barulah, bisa mengajukan permohonan catatan  kependudukan  ke kami dengan membawa persyaratan salinan penetapan oleh pengadilan negeri terkait perubahan kelamin, kutipan akta dan pencatatan sipil, kartu keluarga, dan KTP Elektronik," tuturnya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang mencatatkan belum ada warga Kota Magelang yang mengajukan permohonan terkait perubahan kelamin.

Baca juga: Sidak di Pusat Perbelanjaan Klaten, Satpol PP Dapati 2 ASN Sedang Berbelanja Saat Jam Kerja

Pihaknya pun, memfasilitasi pelayanan untuk sharing apabila ada warga Kota Magelang yang  masih ragu atau bingung dalam  mengajukan permohonan dokumen kependudukan akibat perubahan kelamin.

"Sejauh ini, kasus seperti ini belum pernah ada. Namun, kami tetap melayani apabila ada warga yang mengajukan permohonan tersebut. Tak hanya itu, kami pun bersedia untuk memberikan fasilitas sharing kepada warga yang melakukan perubahan kelamin, agar tidak perlu ragu untuk melakukan perubahan pada dokumen kependudukannya," ujarnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved