Breaking News:

Nasional

Buka BEKUP 2021, Menparekraf : Ekosistem Ekonomi Digital yang Saling Menguatkan Jadi Hal Krusial

Baparekraf for Startup (BEKUP) 2021 diadakan sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19.

istimewa
Andi Saptari, Pengurus Inti Coworking ID & Ketua Pelaksana BEKUP 2021 Tahapan Accelerate, Benarivo Putra, Chief Executive Officer Atourin, Adi Prasetyo, Senior VP Digital Innovation Solutions BCA, dan Muhammad Azhar Iskandar Zainal, MBA Koordinator Aplikasi, Direktorat Aplikasi dan Tata Kelola Ekonomi Digital, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf dalam acara Press Kick Off Baparekraf for Startup (BEKUP) 2021. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) resmi membuka program Baparekraf for Startup (BEKUP) 2021 sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19, sekaligus dalam mendukung pertumbuhan startup digital di Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

BEKUP merupakan program tahunan yang diinisiasi oleh Kemenparekraf/Baparekraf sejak 2016.

Pada tahun ke-6 ini, BEKUP akan digelar di 5 Kota yakni, Jakarta, Malang, Manado, Pekanbaru, dan Yogyakarta., Kemenparekraf/Baparekraf menggandeng Coworking Indonesia untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan melalui rangkaian program “BEKUP Academy & Mentor Training Program”.

BEKUP Academy adalah kegiatan inkubasi untuk pengembangan startup digital dari berbagai tahap.

Baca juga: Kemenparekraf Lakukan Promosi Wisata Melalui Table Top yang Pertama di DIY 

Program ini terbagi dalam tiga tingkatan yaitu Create, Accelerate, & Scale-Up.

Adapun BEKUP Mentor Training Program ditujukan bagi Startup Enthusiast, Startup Founders, Practitioner, & Experts untuk mengembangkan skill agar dapat menjadi mentor-mentor andalan bagi pengembangan startup.

Nantinya, Semua kegiatan seleksi, bootcamp, dan mentoring akan dilakukan secara daring.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan, “Sebuah ekosistem ekonomi digital yang saling menguatkan satu sama lain menjadi hal yang teramat penting. Pemerintah terus mendukung perkembangan startup digital di tanah air, tidak hanya sebagai regulator, namun juga sebagai fasilitator dan akselerator.”

Menparekraf menambahkan bahwa BEKUP dirancang untuk mendukung dan mengembangkan ekosistem startup di Indonesia.

“Sejak 2016, BEKUP telah hadir di lebih dari 20 kota di Indonesia dan menghasilkan lebih dari 750 pre-startup. Pada BEKUP 2021, kami membuka kesempatan bagi seluruh wirausahawan Indonesia serta bekerja sama dengan Coworking Indonesia yang sejak empat tahun berdiri telah berpengalaman membimbing komunitas bisnis, kreatif, dan startup di Indonesia,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved