Breaking News:

Geliatkan Pelaku Usaha Lokal, Wali Kota Magelang Imbau OPD dan Masyarakat Beli Parcel UMKM

Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menggelorakan Gerakan Belanja Produk UMKM guna mendorong percepatan kebangkitan pelaku usaha mikro

Istimewa
Geliatkan Pelaku Usaha Lokal, Wali Kota Magelang Imbau OPD dan Masyarakat Beli Parcel dari UMKM 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menggelorakan Gerakan Belanja Produk UMKM guna mendorong percepatan kebangkitan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19. 

Khusus menjelang Idulfitri 1442 Hijriah ini, Pemkot Magelang mengimbau OPD dan BUMN/BUMD untuk membeli parcel lebaran produk UMKM Kota Magelang.

Imbauan disampaikan Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz melalui surat yang ditujukan kepada kepala OPD dan Direktur BUMN/BUMD di wilayah Kota Magelang. 

Baca juga: UPDATE Covid-19 Indonesia Jumat 30 April 2021: Kasus Baru Bertambah 5.500, Berikut Peta Sebarannya

Surat tertanggal 26 April 2021, nomor 510/243/250, itu berisi permintaan untuk membeli parcel lebaran produk UMKM Kota Magelang.

“Tujuannya dalam rangka mendorong percepatan kebangkitan pelaku UMKM Kota Magelang di tengah pandemi Covid-19. Melalui surat ini, kami harap partisipasi OPD dan BUMN/BUMD untuk membeli parcel lebaran produk UMKM Kota Magelang,” ujarnya Jumat (30/4/2021).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono menjelaskan, surat itu berdasarkan surat dari Sekda Provinsi Jawa Tengah perihal Gerakan Belanja Produk UMKM Jawa Tengah.

Tujuannya dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah tentang gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

Di dalam surat tercantum dua jenis paket parcel yang bisa dipesan. Paket parcel pertama untuk BUMN/BUMD dengan tiga jenis paket seharga masing-masing Rp 500.000, Rp 400.000, dan Rp 300.000. Paket kedua untuk OPD dengan tiga jenis paket, masing-masing Rp 350.000, Rp 300.000, dan Rp 250.000.

“UMKM menjadi urat nadi perekonomian masyarakat. Maka, perlu sekali kita berupaya untuk membangkitkannya lagi di tengah pandemi ini. Dengan adanya program ini, kami harap geliat UMKM kembali bergairah, sehingga berdampak pula pada yang lain, seperti menekan pengangguran,” katanya.

Baca juga: Sekda Bantul Imbau Masyarakat Agar Hati-hati Terima Makanan dari Orang Tak Dikenal

Halaman
12
Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved