Breaking News:

Satu RT di Juwiring Klaten Jalani Karantina Wilayah Lokal, Imbas 7 Warganya yang Positif Covid-19

Tujuh warga terkonfirmasi COVID-19, satu rukun tetangga (RT) di Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten menerapkan karantina wilayah lokal.

istimewa
Berita Update Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Tujuh warga terkonfirmasi COVID-19, satu rukun tetangga (RT) di Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten menerapkan karantina wilayah lokal.

Penerapan karantina wilayah tersebut akan berlangsung selama tujuh hari, yakni mulai Selasa (27/4/2021) hingga Selasa (4/5/2021) mendatang.

Baca juga: Peraih Nilai Terbaik ASPD dari Setiap Kalurahan di Kota Yogyakarta Berpeluang Dapat Beasiswa

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Pengendalian COVID-19 Kecamatan Juwiring, Herlambang Jaka Santosa, mengatakan jika tujuh warga yang terpapar di satu RT tersebut masih memiliki hubungan kekerabatan.

"Istilahnya ada pengetatan lokal atau lockdown lokal, hal itu karena ada tujuh orang yang positif dan berasal dari empat rumah," ujar Herlambang saat dikonfirmasi awak media, Selasa (27/4/2021).

Ia mengatakan, pada awalnya terdapat satu orang yang positif, kemudian menyebar kepada enam orang lainnya yang merupakan kerabat dari warga yang positif pertama tersebut.

Untuk saat ini, kata Herlambang, akses menuju RT tersebut dibatasi dan agar tujuh warga tersebut bisa menjalankan isolasi mandiri secara maksimal dan menghindari kontak langsung dengan warga luar.

"Untuk logistik ada bantuan dari desa dam kami juga mengetuk kepedulian warga sekitar untuk membantu," ucapnya.

Baca juga: Demi Racik Minyak Made Rempah, Emanuel Satria Kumpulkan Bahan-bahan Alami untuk Jaga Imunitas Tubuh

Sementara itu, Tim Ahli Satgas PP COVID-19 Klaten,  Ronny Roekmito mengatakan jika Klaten saat ini tengah mewaspadai munculnya klaster keluarga seperti di Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring tersebut.

"Klaster keluarga ini sulit untuk kita hindari karena ini butuh kesadaran dari masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19," ucapnya.

Ronny pun mendorong agar masyarakat selalu waspada dan meningkatkan penerapan protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved