Breaking News:

UMY Gelar Vaksinasi Kedua untuk 1.691 Civitas Akademika

Pasca melaksanakan vaksinasi Covid-19 pertama pada 28 dan 29 Maret 2021, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melangsungkan program

Istimewa
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi sivitas akademika UMY, Selasa (27/4/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pasca melaksanakan vaksinasi Covid-19 pertama pada 28 dan 29 Maret 2021, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melangsungkan program vaksinasi kedua hari ini (27/4/2021) di Gedung Sportorium Kampus Terpadu UMY.

Pelaksanaan vaksinasi kedua ini diikuti oleh 1.691 peserta civitas akademika UMY dan menggandeng Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berbeda dengan program vaksinasi pertama akhir Maret lalu atau terhitung 28 hari, kala itu UMY melibatkan guru-guru Muhammadiyah se-DIY dengan total jumlah 2.121 peserta.

Baca juga: Beri Motivasi, Bupati dan Ketua DPRD Gunungkidul Buka Bersama Warga Binaan Lapas Wonosari

"Untuk vaksin kedua ini memang hanya untuk sivitas akademika UMY karena guru-guru Muhammadiyah sudah kami ikutkan pada program vaksin kedua Universitas Aisyiyah (UNISA) pada hari Senin (26/4/2021) kemarin," ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Prof Dr Ir Sukamta MT, IPM, Selasa (27/4/2021).

Vaksinasi kedua UMY ini hanya berlangsung selama satu hari, dimulai pukul 08.00 WIB hingga sore.

Sebanyak 58 tenaga kesehatan dilibatkan. "Sebanyak 6 orang dari PSIK UMY, 4 orang dari Incident Command System (ICS) UMY, 3 orang RS AMC, 12 orang dari RS Universitas Ahmad Dahlan, 14 orang dari RS PKU Gamping, 11 orang dari RS PKU Bantul, 6 orang dari RS PKU Yogyakarta, dan 2 orang dari Klinik Pratama Firdaus UMY," imbuh Sukamta.

Sementara itu, Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP, IPM, mengatakan program vaksinasi kedua ini selain sebagai pemenuhan prosedur juga dijadikan sebagai upaya ikhtiar UMY tiada henti dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Program ini memang dari pemerintah, mudah-mudahan upaya ikhtiar kita bersama dan sekaligus kolaborasi dari seluruh potensi PP Muhammadiyah, dapat membuahkan hasil. Kita jadi garda terdepan menyukseskan program vaksinasi ini," paparnya.

Baca juga: Satpol PP DIY Razia Perbatasan, 8 Gelandangan dan Pengemis Diamankan

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Dr Arif Jamali Muis, MPd yang mengaku senang program vaksinasi tahap satu dan dua berjalan lancar dengan total mengikutsertakan 3.058 peserta.

"Terima kasih kepada UMY, sekali lagi ini menjadi bagian ikhtiar kita bersama persyarikatan Muhammadiyah untuk mengakhiri wabah Covid-19. Usaha-usaha rasional, medis, sekaligus zikir dan doa telah dilaksanakan, namun tetap kita terus menjaga protokol kesehatan dengan ketat supaya usaha kita berjalan maksimal," tandasnya. (uti) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved