Breaking News:

Destinasi Wisata di Klaten saat Libur Lebaran 2021 Tetap Dibuka

"Untuk obyek wisata di Klaten sesuai dengan PPKM mikro kan boleh di buka, tapi kapasitasnya terbatas dan prokes COVID-19 harus ketat," ujarnya saat

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Sejumlah wisatawan berkunjung ke destinasi wisata Bukit Sidoguro yang berada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Semua destinasi wisata di Kabupaten Klaten tetap dibuka selama libur perayaan lebaran Idulfitri 1442 Hijriyah.

Kendati begitu, pengelola obyek wisata diminta mematuhi protokol kesehatan yang tertuang dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di daerah itu

"Untuk obyek wisata di Klaten sesuai dengan PPKM mikro kan boleh di buka, tapi kapasitasnya terbatas dan prokes COVID-19 harus ketat," ujarnya saat ditemui di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Resep Bubur Mutiara, Sajian Manis yang Cocok untuk Takjil Berbuka Puasa

Menurut Mulyani, semua destinasi wisata di Klaten, mulai wisata air, wisata alam, wisata bidaya hingga wisata religi akan dibuka saat libur lebaran 2021 ini.

Ia melanjutkan, untuk pengawasan di seluruh destinasi wisata yang ada di Klaten, pihaknya selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 di Klaten bakal menginstruksikan Satgas kecamatan dan desa untuk proaktif mengawasi daerahnya.

"Dalam rapat-rapat sudah saya singgung kalau satgas harus proaktif dengan tokoh masyarakat dan babinsa dan bhabinkamtibmas untuk menegakkan prokes," ucapnya.

Sri Mulyani juga meminta kepada seluruh pengelola obyek wisata di Klaten agar terus menerus menerapkan protokol kesehatan di obyek wisata yang mereka kelola.

Hal itu agar tidak muncul klaster wisata di obyek-obyek wisata saat libur lebaran nanti.

"Iya, kita berkaca pada India. Jangan sampai berkerumun dan kita ambil hikmahnya. Harus menaati dan sidak terus ke bawah," katanya.

Baca juga: Ini Daftar Minuman untuk Gantikan Cairan Tubuh dengan Cepat Saat Berbuka Puasa

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito menambahkan, untuk obyek wisata di Klaten saat libur lebaran memang diizinkan untuk buka sesuai dengan surat edaran (SE) bupati terkait PPKM berbasis mikro.

"Sesuai ketentuan SE Bupati, kapasistas 30 persen dan dibuka hingga pukul 15.00 sore. Untuk lebaran sampai sekarang masih begitu aturannya dan belum ada perubahan," ujarnya.

Ia mengatakan, destinasi wisata di Klaten akan tetap dilakukan pemantauan secara maksimal oleh Disbudparpora Klaten dan Satgas COVID-19 masing-masing kecamatan.

"Kemarin dipantau terus obyek ini. Masing-masing obyek kan wajib punya Satgas juga dan Disbudparpora sidak dengan Satgas kecamatan untuk monitoring. Sejauh ini berjalan lancar dan sesuai harapan," imbuhnya. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved