Breaking News:

Inilah Tanda-tanda yang Muncul dari Tubuh Jika Kita Mengalami Gejala Keracunan Makanan

Karena ada banyak jenis organisme yang dapat menyebabkan keracunan makanan, gejala dan tingkat keparahannya dapat bervariasi.

click2houston.com
ilustrasi keracunan 

Tribunjogja.com -Jagat maya di Yogyakarta belakangan dihebohkan dengan kasus siswa SD di Bantul yang meninggal dunia setelah mengonsumsi makanan berasal dari paket misterius.

Bocah berusia 10 tahun berinisial NFP asal Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, meninggal dunia diduga karena keracunan makanan, Minggu (25/4/2021) kemarin.

NFP masih duduk dibangku sekolah dasar (SD) Muhamadiyah IV Karangkajen, Sewon, Bantul.

Siswa kelas empat itu meninggal dunia setelah menyantap sate pemberian orang tak dikenal yang diterima oleh ayahnya yang bekerja sebagai pengemudi ojek online (ojol).

Hingga saat ini penyebab meninggalnya bocah tersebut masih dalam penyelidikan.

Bicara soal keracunan makanan, apa saja sebenarnya gejala keracunan makanan yang harus diwaspadai?

Keracunan makanan adalah keluhan yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri, virus, atau parasit merugikan.

Meskipun banyak makanan mengandung organisme yang berpotensi membahayakan, biasanya organisme tersebut dapat dimusnahkan selama proses memasak.

Tapi, jika Anda tidak mempraktikkan kebersihan yang baik dan metode penyimpanan makanan yang tepat, seperti tidak rajin mencuci tangan dan menyimpan daging mentah di dasar lemari es secara benar, makanan yang dimasak pun dapat terkontaminasi dan membuat Anda sakit.

Mengonsumsi makanan yang mengandung toksin beracun juga bisa menyebabkan keracunan makanan.

Baca juga: Kronologi Siswa SD di Bantul Meninggal Setelah Memakan Paket Sate Misterius

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved