Breaking News:

BBPOM DIY Temukan Produk Tak Miliki Izin Edar, Wakil Ketua DPRD DIY: Kesadaran Konsumen Juga Penting

Konsumen bisa mengamati apakah produk tersebut telah memiliki label Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) maupun BPOM dalam kemasannya

Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA/MIFTAHUL HUDA
Proses uji kandungan bahan makanan dan minuman BBPOM DIY saat sidak di salah satu swalayan yang ada di Kota Yogyakarta, Senin (26/4/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, angkat bicara terkait hasil sidak BBPOM DIY yang masih menemui banyak produk makanan dan minuman yang diperjual belikan meski tidak memiliki izin edar.

Terkait hal itu, Huda meminta masyarakat untuk jeli saat berbelanja kebutuhan barang pokok. 

Selain itu, masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam upaya pengawasan ketika berbelanja.

Sebagai contoh sederhana, konsumen bisa mengamati apakah produk tersebut telah memiliki label Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) maupun BPOM dalam kemasannya.

"Kesadaran tingkat konsumen juga penting, jangan cuma sekedar beli makanan saja tapi kemudian juga bisa mengawasi. Konsumen berhak kok untuk menanyakan jika menemui produk yang tak layak," jelasnya kepada Tribun Jogja, Senin (26/4/2021).

Selain itu, Pemda DIY perlu menggandeng Dinas Koperasi dan UKM DIY dan BBPOM DIY untuk bekerja sama guna melakukan giat pengawasan serta menggencarkan sosialisasi terhadap mitra-mitra UMKM terkait izin edar produk makanan maupun minuman.

"Perlu dibina juga agar tidak melakukan hal-hal yang tidak membahayakan," tandasnya. 

Lebih jauh, Huda juga meminta kepada orangtua untuk memberi edukasi ekstra terhadap buah hatinya untuk menjadi konsumen yang jeli.

Pasalnya, pedagang jajanan sekolah diprediksi mulai kembali bergeliat seiring adanya pembelajaran tatap muka.

"Biasanya siswa-siswa belum paham akan hal itu," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved