Breaking News:

Bisnis

Terimbas Pandemi, Banyak Pemilik Rental Mobil di Yogyakarta Jual Aset untuk Bertahan

Setidaknya ada 80 persen anggota Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta yang menjual aset agar usaha mereka tetap berjalan.

Istimewa
Ilustrasi rental mobil 

TRIBUNJOGJA.COM - Kebijakan pemerintah tentang pelarangan dan pengetatan mudik dikeluhkan oleh para pelaku rental mobil.

Pasalnya momen mudik Lebaran inilah yang ditunggu-tunggu para pemilik rental untuk menambah penghasilan mereka.

"Terus terang kemarin itu sudah mulai bangkit, sudah mulai ramai. Ternyata ada instruksi pemerintah (larangan mudik) ya akhirnya lemes semua," ujar Heru Yuniarto Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta (APPKY)  Minggu (25/4/2021).

Heru menyatakan bahwa para pemilik rental ini ingin pemerintah memberikan solusi di tengah adanya larangan mudik tahun ini sehingga pendapatan mereka tidak macet.  

Baca juga: Selain Kartu Identitas, Polisi Imbau Pengusaha Rental Kendaraan juga Minta Sidik Jari Penyewa

Ia membeberkan bahwa sampai saat ini tidak ada orderan untuk Lebaran yang masuk.

Biasanya jauh hari sebelum Idulfitri, para pemudik sudah memesan mobil yang digunakan untuk beraktivitas di Yogyakarta dan sekitarnya.

Dengan adanya larangan mudik saat ini, maka yang bisa diharapkan adalah masyarakat DIY yang melakukan mudik lokal.

"Tapi kalau mudik lokal, di Jogja cenderung pake kendaraan sendiri, apalagi mudik lokal di sini terbilang dekat dan bisa ditempuh pakai sepeda motor. Jogja itu kecil, jadi mereka memilih menggunakan sepeda motor," ujarnya.  

"Di samping ekonomi masih tertekan, jadi pandemi ini dari pada untuk rental mobil, mereka memilih menggunakan uangnya untuk makan, bertahan hidup," imbuhnya.  

Agar tetap ada pemasukan, Heru mengatakan bahwa pihaknya bersinergi dengan organisasi rental tingkat nasional dan sudah berusaha menyurati pemerintah untuk memberikan kelonggaran.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved