Breaking News:

Kota Yogyakarta

Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April 2021, BPBD Kota Yogya Bunyikan Sirine dan Kentongan Serentak

BPBD Kota Yogyakarta akan membunyikan peralatan tanda terjadinya bencana seperti sirine, hingga kentongan, pada Senin (26/4/2021).

Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April 2021, BPBD Kota Yogya Bunyikan Sirine dan Kentongan Serentak
Net
Kentongan.

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta akan membunyikan peralatan tanda terjadinya bencana seperti sirine, hingga yang sifatnya lebih tradisional seperti kentongan, pada Senin (26/4/2021).

Hal tersebut, sebagai respon atas Intruksi Gubernur (Ingub) tentang Pelaksanaan Kegiatan Simulasi Evakuasi Bencana di DIY, dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB).

Kepala BPBD Kota Yogyakarta, Nurhidayat mengatakan, uji alat peringatan dini yang akan dibunyikan itu meliputi beberapa titik sekaligus.

Yakni, sirine atau gaok di kawasan Pasar Beringharjo, sejumlah gereja, pemadam kebakaran, serta kentongan milik warga masyarakat.

Baca juga: Antisipasi Bibit Siklon Tropis W95, BPBD DIY Andalkan 266 Destana di DI Yogyakarta

"Tentu sudah kita informasikan, kita koordinasikan, untuk berpartisipasi membunyikan sirine, ya, dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana," ujarnya, Minggu (26/4/2021).

Di samping itu, pihaknya juga menggelar simulasi, terkait evakuasi dan pengungsian di kawasan tempat tinggal, atau sekitar lingkungannya.

Misalnya, simulasi banjir dan gempa bagi warga yang tinggal di kawasan bentaran sungai.

"Harapannya, kalau terjadi sesuatu masyarakat sudah paham, harus mengungsi, atau evakuasi kemana, itu harus siap. Nah, itu kita aktualisasikan langsung, ya, dalam simulasi hari kesiapsiagaan bencana nanti," terang Nurhidayat.

"Edarannya (terkait Ingub Nomor 360/8180) sudah kami edarkan ke masyarakat, agar bisa melaksanakan simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved