Breaking News:

Nutrisi yang Diperlukan Anak Selama Berpuasa

Orang tua cukup memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang memadai saat puasa agar tetap bugar dan sehat.

Penulis: Amalia Nurul F | Editor: Gaya Lufityanti
Shutterstock via Kompas.com
ilustrasi anak 

TRIBUNJOGJA.COM - Bulan suci Ramadan merupakan momen yang tepat bagi orang tua untuk mengajarkan buah hati mereka berpuasa.

Namun, beberapa orang tua memiliki kekhawatiran akan menurunnya daya tahan tubuh anak selama berpuasa dan tidak mampu melawan kuman dan virus penyakit.

Apalagi, kondisi COVID-19 ini daya tahan tubuh sangat diperlukan agar tidak rentan mengalami infeksi.

Kabar baiknya, orangtua tidak perlu takut daya tahan tubuh anak menurun saat berpuasa.

Menurut dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals, orang tua cukup memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang memadai saat puasa agar tetap bugar dan sehat.

"Kunci utama menjaga anak tetap bugar dan daya tahan tubuhnya tetap kuat adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang," ucap dia.

Baca juga: Bacaan Doa Hari ke-12 Puasa Ramadan Sabtu 24 April 2021

Nutrisi Penting untuk Anak Selama Berpuasa

Saat puasa di tengah pandemi COVID-19, orang tua bisa menerapkan pola makan dengan gizi seimbang dan cukup cairan pada anak saat sahur dan berbuka puasa.

Riset menunjukkan bahwa orang tua saat ini memang sudah semakin menyadari efek positif nutrisi pada kesehatan dan daya tahan tubuh anak mereka, termasuk kesadaran akan pentingnya asupan nutrisi yang sehat.

“Pada saat berpuasa atau belajar puasa, anak tetap membutuhkan nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral)," ucap Muliaman.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved