Breaking News:

Larangan Mudik Lebaran

Dishub DIY : Banyak yang Curi Start, Aturan Perjalanan Makin Diperketat

Sebelumnya masyarakat melihat larangan mudik pada 6-17 Mei 2021, dan dari aturan tersebut, ternyata banyak masyarakat yang memajukan tanggal mudiknya.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah melalui Satgas Penanganan COVID-19 memberlakukan aturan baru terkait pengetatan perjalanan mudik.

Aturan ini berlaku pada H-14 peniadaan mudik (22 April-5 Mei 2021) dan H+7 peniadaan mudik (18-24 Mei 2021). Adendum ini diteken pada 21 April 2021.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti menilai bahwa perubahan aturan tersebut berdasarkan kondisi masyarakat saat ini.

Sebelumnya masyarakat melihat larangan mudik pada 6-17 Mei 2021, dan dari aturan tersebut, ternyata banyak masyarakat yang curi start atau memajukan tanggal mudiknya.

"Ternyata sebelum tanggal 6 Mei arusnya sudah cukup banyak, kemudian diambil kebijakan yang baru saja turun," ujarnya Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Pelarangan Mudik Dipercepat, Ditlantas Polda DIY Periksa Titik Penyekatan Hari Ini

"Dan kami perlu berkoordinasi, karena dari sisi kesiapan kami juga baru tahu. Dan dari sisi supporting belum ada desainnya," imbuhnya.

Hal itu lantaran desain yang akan diterapkan masih sesuai dengan aturan pelarangan mudik yang baru akan diterapkan 6-17 Mei 2021 nanti.  

"Ketika ada kebijakan baru, saya yakin kita juga tidak bisa siap serta merta  seperti itu. Apalagi terkait dengan model transportasi massal semisal pesawat, kereta dan lain-lain tidak bisa serta merta kita bisa langsung beradaptasi dengan aturan yang baru," ujarnya.

Namun demikian, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan kepolisian, karena penyekatan atau pemberhentian kendaraan itu adalah kewenangan kepolisian.

Sedangkan Dinas Perhubungan sifatnya adalah tenaga pendukung.  

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved