Breaking News:

Yogyakarta

8 Rapor Merah untuk Pemerintah DIY dari BPK

Delapan permasalahan itu tidak berdampak pada opini kewajaran yang diberikan. Tapi paling tindak harus ditindak lanjuti.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Selain memberikan peringatan terhadap program pembangunan tanggul penahan sampah di TPST Piyungan, dan pembelian Hotel Mutiara Kota Yogyakarta, Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI juga mendapat adanya temuan di dunia pendidikan.

Dari hasil pemeriksaan atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan kepatuhan terhadap perundang-undangan, ditemukan ada delapan catatan yang ditemukan oleh tim BPK.

Wakil Ketua BPK RI Agus Joko Pramono mengatakan satu di antara yang menjadi perhatian atas temuan itu pertama terkait beasiswa Kartu Cerdas (Kacer) yang dalam praktiknya disalurkan ganda dengan nama penerima siswa yang sama.

Ditanya seperti apa kondisi riil temuan penerima ganda beasiswa Kacer tersebut, Agus meminta pemerintah DIY menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga: Pembelian Hotel Mutiara Yogyakarta dan Peningkatan TPST Piyungan Disorot BPK RI

Temuan kedua, BPK mencatat adanya belanja listrik pemerintah direalisasikan untuk pembayaran tagihan listrik atas gedung yang sedang dalam masa pemanfaatan pihak lain.

Ketiga, pertanggung jawaban belanja makanan dan minuman DPAD dan BKAD yang tidak tertib.

Keempat, proses penganggaran dan pengadaan lahan bangunan Hotel Mutiara I dan Hotel Mutiara II tidak memadai.

Kelima kekurangan volume pekerjaan atas delapan paket infrastruktur sebesar Rp341 juta.

Keenam menurut Agus menjadi paling krusial yakni terkait perencanaan anggaran pembangunan dan pengerjaan tanggul penahan sampah sebesar Rp4,533 miliar.

Ketujuh, pengelolaan aset yang tidak maksimal, dan terakhir BPK memberikan catatan terkait sistem akuntansi pemerintah daerah yang tidak mengatur pencatatan atas hibah barang pada laporan operasional.

Halaman
12
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved