Breaking News:

Peringati Hari Kartini, Bupati Harapkan Perempuan Gunungkidul Merambah ke Tingkat Nasional

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Rabu (21/04/2021) ini. Acara peringatan pun bertempat

TRIBUNJOGJA/ Alexander Ermando
Bupati Gunungkidul Sunaryanta beserta istri (kanan), Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti (tengah), dan mantan Bupati Gunungkidul Badingah (kiri) dalam peringatan Hari Kartini, Rabu (21/04/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Rabu (21/04/2021) ini. Acara peringatan pun bertempat di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari.

Acara tersebut sebagian besar dihadiri oleh para perempuan dari lingkungan Pemkab Gunungkidul. Bupati Gunungkidul Sunaryanta turut hadir didampingi istrinya.

Pada kesempatan tersebut, Sunaryanta menyampaikan harapannya agar perempuan dari Gunungkidul bisa maju sebagai pemimpin masa depan.

Baca juga: Sambut Hari Kartini, Inilah 5 Film yang Cocok Ditonton untuk Mengapresiasi Perjuangan Perempuan

"Tidak hanya di tingkat lokal, kalau bisa ada perempuan dari Gunungkidul yang menembus tingkat nasional," katanya.

Menurut Sunaryanta, perempuan dari Gunungkidul harus ikut berperan aktif di segala bidang kehidupan masyarakat. Begitu pula dalam bidang politik dan bernegara.

Ia menilai perjuangan Kartini dulu sudah amat sangat dirasakan pada saat ini. Terbukti dari banyaknya pemimpin perempuan yang menembus bidang politik dan pemerintahan.

"Pola pikir perempuan saat ini juga bisa dikatakan sudah semakin maju dan baik," ujar Sunaryanta.

Tak jauh berbeda, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti juga menyampaikan rasa bangga. Pasalnya ia pun sebagai perempuan juga terbukti mampu menjadi pemimpin di bidang politik.

Ia secara khusus berharap para perempuan dari Gunungkidul bisa meneruskan perjuangan yang sudah dirintis Kartini. Caranya membekali diri dengan ilmu yang cukup.

"Harus diingat bahwa perempuan juga mampu sejajar dengan laki-laki, bukan pajangan semata," kata Endah.

Baca juga: Permintaan Maaf Tribun Jogja Kepada Pemilik Waroeng Asmat Bukit Bintang

Mantan Bupati Gunungkidul sebelumnya, Badingah turut hadir dalam acara tersebut. Ia terlihat duduk bersebelahan dengan Sunaryanta dan Endah di baris terdepan.

Sebagai mantan Bupati Gunungkidul perempuan, ia menilai kesempatan bagi kaum hawa saat ini sudah terbuka lebar. Mereka pun sudah memiliki hak untuk memilih arah tujuan hidupnya.

"Perempuan saat ini bisa memilih sesuai keinginannya, apakah itu ranah domestik atau ranah publik," kata Badingah. (alx)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved