Breaking News:

UTY Gelar Vaksinasi Massal untuk Dosen, Tendik dan Lansia

Tahapan pelaksanaan vaksinasi yang diadakan di UTY, tidak berbeda dengan pelaksanaan yang biasanya dilakukan oleh pemerintah

Editor: Ikrob Didik Irawan
ist
Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, menyelenggarakan vaksinasi covid-19 massal tahap pertama di Kampus 1 UTY. 

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, menyelenggarakan vaksinasi covid-19 massal tahap pertama di Kampus 1 UTY.

Vaksinasi ini, diselenggarakan pada tanggal 20 April 2021, diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang bekerja di UTY, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), dan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya).

Selain itu, para lansia yang berdomisili di sekitar Kampus 1 UTY, juga turut mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut. Total terdapat 1.100 peserta yang mengikuti vaksinasi

Tahapan pelaksanaan vaksinasi yang diadakan di UTY, tidak berbeda dengan pelaksanaan yang biasanya dilakukan oleh pemerintah.

Peserta yang hadir, nantinya akan melakukan beberapa tahap kegiatan, hingga kemudian melakukan injeksi vaksin.

Tahap pertama, peserta calon penerima vaksin akan diukur suhu dan tensinya. Kemudian, peserta akan diarahkan untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu verifikasi data NIK.

Setelah dilakukan verifikasi data NIK, akan dilakukan screening oleh dokter terhadap peserta tersebut. Apabila telah memenuhi kriteria, baru kemudian peserta akan mendapatkan injeksi vaksin.

Terakhir, setelah dilakukan injeksi vaksin, penerima vaksin belum diperbolehkan untuk langsung pulang. Penerima vaksin akan diminta, menunggu sekitar 30 menit dilokasi vaksinasi.

Hal ini dilakukan, karena peserta perlu di observasi terlebih dahulu, untuk melihat tanda-tanda setelah divaksin.

Apabila tanda vitalnya baik, peserta akan diperbolehkan untuk pulang ke rumahnya masing-masing. 

Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Akt., CA, selaku Rektor UTY, menyampaikan bahwa, UTY sejak awal memang selalu berkomitmen untuk membantu pemerintah, dalam rangka melancarkan program vaksinasi, yang sedang berlangsung hingga saat ini.

Maka dari itu, UTY dengan maksimal akan membantu pemerintah dengan berbagai bentuk cara, untuk melancarkan program tersebut.

Salah satunya, dengan menjadikan UTY sebagai lokasi untuk pelaksanaan aktivitas vaksinasi. Termasuk dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan, saat pelaksanaan vaksinasi tersebut. 

Lebih lanjut, Bambang menyatakan bahwa, dengan dijalankannya program vaksinasi ini, semakin besar harapan kedepannya, UTY dapat segera melakukan aktivitas perkuliahan secara luring.

“Saya berharap, dengan dilakukannya vaksinasi terhadap dosen dan karyawan di lingkungan UTY, akan semakin mempercepat program UTY, untuk segera melakukan aktivitas perkuliahan secara luring. Tentunya, proses ini nantinya akan dilakukan secara bertahap, dengan mematuhi segala protokol kesehatan yang ketat. Mengingat, penyebaran virus covid-19 yang masih tinggi hingga saat ini,” ucap Bambang. (rls/adv)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved