Breaking News:

Kota Magelang

Selama Pandemi Covid-19, Minat Baca Buku Lewat Aplikasi iMagelang Alami Peningkatan

Selama Pandemi Covid-19, Minat Baca Buku Lewat Aplikasi iMagelang Alami Peningkatan

Dok.Istimewa Pemkot Magelang
Ilustrasi aplikasi iMagelang 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Aplikasi iMagelang jadi solusi ampuh untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Kota Magelang, terutama selama masa pandemi covid-19.

iMagelang merupakan aplikasi yang berisi lebih dari 4.420 e-book yang bisa dibaca oleh masyarakat secara online atau virtual.

Aplikasi milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang ini semakin diminati pemustaka terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

Kepala Disperpusip Kota Magelang Isa Ashari menjelaskan, aplikasi perpustakaan ini berbasis media sosial, yang dilengkapi dengan e-Reader untuk membaca buku-buku dalam format elektronik atau e-Book.

"Dengan fitur-fitur media sosial, pemustaka dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna lainnya", terangnya, Selasa  (20/4/2021).

Baca juga: Ganjar Pranowo Nyalakan Api Abadi Mrapen di Grobogan

Baca juga: Pemkot Magelang Sediakan Media Aduan Publik Melalui Hallo Dok

Pemustaka, lanjutnya, bisa memberikan rekomendasi buku yang sedang dibaca, juga menyampaikan ulasan atas buku tersebut. 

Selain e-Reader, fitur-fitur unggulan lain antara lain koleksi buku virtual, e-Pustaka, feed, dan rak buku virtual.

"Aplikasi iMagelang memungkinkan pemustaka membaca bahan-bahan bacaan koleksi Perpustakaan Kota Magelang, baik secara online maupun offline selama 24 jam," imbuhnya.

Dijelaskannya, aplikasi yang diluncurkan sejak 2017 itu memiliki  besaran hanya 15 megabytes, hingga saat ini telah diunduh lebih dari seribu kali melalui Play Store.

Dari 4.420 e-book itu terdiri dari 2.110 judul buku berbagai keilmuan.

"Melalui iMagelang harapannya kita bisa menyelaraskan minat baca dengan perubahan perilaku masyarakat dalam membaca buku, dari media konvensional ke media digital," ungkapnya.

Di sisi lain, inovasi ini juga memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan-bahan bacaan bermutu dan sarat ilmu pengetahuan, yang mudah diakses tanpa terbatasi oleh ruang dan waktu.  (Tribunjogja/Nanda Sagita Ginting)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved