Breaking News:

Cara Mendeteksi Kebohongan Seseorang, Cobalah dan Lihat Hasilnya!

Pendekatan kognitif untuk mendeteksi kebohongan menekankan beberapa teknik, termasuk tiga teknik berikut:

Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi berbohong 

TRIBUNJOGJA.COM - Berbohong, mungkin menjadi perilaku yang paling dibenci. Tapi di saat bersamaan, hal ini justru yang paling sering dilakukan. Baik itu berupa kebohongan kecil, maupun kebohongan yang memiliki dampak sangat besar.

Itu mungkin dilakukan dengan menghilangkan atau menutupi informasi, meminimalkan atau membesar-besarkan kebenaran, atau memberikan jawaban yang tidak jelas. Dan mereka berbohong karena berbagai alasan.

Ada yang berbohong untuk menyelamatkan reputasi, menyayangkan perasaan orang lain, mendapatkan apa yang mereka inginkan, atau menghindari konsekuensi yang berpotensi membawa bencana bagi diri mereka sendiri atau orang lain.

Baca juga: Ini Dia 8 Ciri-ciri Pasangan Kamu Sedang Berbohong, Cek Sekarang!

Namun orang juga menghargai kejujuran. Mereka sering menginginkan, bahkan menuntut, agar orang lain jujur ‚Äč‚Äčkepada mereka. Dan mereka biasanya bereaksi negatif terhadap ketidakjujuran.

Penelitian menunjukkan ketidakjujuran sulit dikenali. Artinya tidak ada cara mudah untuk mengetahui apakah seseorang berbohong.

Secara khusus, meskipun penelitian telah mengidentifikasi tanda-tanda kebohongan verbal dan nonverbal tertentu, tidak ada tanda-tanda kepalsuan yang sepenuhnya dapat dijadikan pijakan. Kecuali jika dongeng Pinokio itu nyata.

Jadi, setelah menyadari sulitnya mengetahui kebohongan, pertanyaannya adalah, Adakah cara untuk meningkatkan deteksi kebohongan?

Ya, seperti yang ditemukan oleh Jora and Luke dalam tulisan berjudul Cognitive Approach to Lie Detection yang diterbitkan dalam jurnal Applied Cognitive Psychology edisi April.

Baca juga: 81 Persen Pelamar Berbohong Saat Wawancara Kerja, Pertanyaan Ini Bisa Membongkarnya

Pendekatan kognitif untuk mendeteksi kebohongan

Pendekatan kognitif untuk mendeteksi kebohongan menekankan beberapa teknik, termasuk tiga teknik berikut:

Halaman
123
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved